Vitamin Gummy Bukan Permen, Konsumsi Berlebihan Bisa Sebabkan Keracunan

Kompas.com - 10/11/2020, 17:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Di tengah pandemi, banyak orang mengonsumsi vitamin, selain untuk memenuhi nutrisi, juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin gummy dengan berbagai rasa dan bentuk yang menarik banyak disukai, terutama oleh anak-anak. Selain itu juga cenderung praktis, jika dibandingkan vitamin dalam bentuk cair.

Namun sebenarnya, benarkah vitamin gummy dapat membantu memenuhi nutrisi dan meningkatkan kekebalan tubuh?

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Apakah Anak Perlu Minum Suplemen Vitamin?

Menurut ahli gizi terdaftar Malina Linkas Malkani, juru bicara media untuk Academy of Nutrition and Dietetics, umumnya orang yang mengonsumsi makanan seimbang belum tentu mendapat manfaat dari mengonsumsi multivitamin setiap hari.

Selain itu, menenggak suplemen lebih banyak dari jumlah harian yang direkomendasikan, justru bisa membahayakan kesehatan.

Keracunan vitamin

Seperti dikutip dari The Healthy, ada baiknya, lebih berhati-hati saat mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Ali Webster, PhD, ahli gizi dan direktur asosiasi komunikasi nutrisi untuk Yayasan Dewan Informasi Pangan Internasional mengatakan, jenis vitamin tersebut sedikit lebih sulit dicerna dan diserap, sehingga nutrisi ini dapat menumpuk di organ dan jaringan tubuh Anda.

"Mengonsumsi nutrisi ini dalam dosis tinggi dalam jangka waktu singkat dapat menyebabkan masalah yang berkisar dari sakit perut hingga rawat inap, karena toksisitas vitamin," katanya.

Malkani menambahkan, vitamin D dosis tinggi yang dikonsumsi seiring waktu dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam darah dan memicu mual, muntah, dan kelemahan.

Dan terlalu banyak vitamin A dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerontokan rambut, keropos tulang, dan kerusakan hati.

Baca juga: Vitamin D Membantu Mencegah Covid-19, Benarkah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X