5 Fakta Menarik Asteroid 2020 TY1 yang Lewat Dekat Bumi Hari Ini

Kompas.com - 07/11/2020, 18:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Asteroid 2020 TY1 akan melintas lewat dekat Bumi hari ini, Sabtu (7/11/2020) dan tidak berpotensi tabrakan.

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo, menyebutkan bahwa ada beberapa fakta menarik Asteroid 2020 TY1 yang akan lewat dekat bumi hari ini.

1. Baru ditemukan

Marufin berkata, nama 2020 TY1 menunjukkan asteroid itu ditemukan pada tahun 2020 tepatnya pada paruh pertama bulan Oktober 2020 (letter T).

Dalam paruh pertama Oktober, yaitu antara tanggal 1 hingga 15, asteroid 2020 TY1 menjadi asteroid baru ke-24 yang ditemukan dalam rentang waktu tersebut.

Baca juga: Ahli: Asteroid 2020 TY1 Lewat Dekat Bumi, Tak Berpotensi Tabrakan

2. Jarak dekat 14,7 kali lipat bumi-bulan

Adapun pada hari ini, jarak lewat asteroid ini dengan Bumi adalah sekitar 14,7 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan, atau setara 5,6 juta kilometer.

Jarak ini didasarkan pada rata-rata jarak bumi-bulan yaitu 384.400 km, yang merupakan salah satu standar tak baku dalam satuan jarak astronomi.

3. Tidak berbahaya

Fenomena lewatnya asteroid 2020 TY1 di dekat Bumi ini, tidak memiliki efek apa pun terhadap Bumi karena gravitasi asteroid ini sangat kecil.

"Menariknya karena ini menjadi asteroid baru yang untuk kesekian kalinya ditemukan melintas cukup dekat dengan Bumi dalam skala astronomi. Meski tidak mendatangkan bahaya,"  jelas Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (7/11/2020).