Kompas.com - 09/11/2020, 19:30 WIB
Evolusi Ajnabia odysseus (dinosaurus berparuh bebek) bermula di Amerika Utara, sebelum menyebar ke Asia, Eropa, dan kemudian Afrika.
CNNEvolusi Ajnabia odysseus (dinosaurus berparuh bebek) bermula di Amerika Utara, sebelum menyebar ke Asia, Eropa, dan kemudian Afrika.


KOMPAS.com- Temuan fosil dinosaurus berparuh bebek di benua Afrika berhasil memberikan gambaran baru mengenai kehidupan mahluk yang telah punah ini.

Para ahli percaya bahwa spesies dinosaurus mampu melakukan perjalanan ratusan kilometer melintasi lautan untuk mencapai benua tersebut.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (9/11/2020) fosil dinosaurus Ajnabia odysseus yang merupakan anggota keluarga dinosaurus paruh bebek pemakan tumbuhan, ditemukan di bebatuan di sebuah tambang di Maroko.

Fosil diketahui berusia sekitar 66 juta tahun dan memiliki postur yang relatif kecil, kira-kira seukuran kuda poni atau sekitar 3 meter.

Baca juga: Peneliti Ungkap Fosil Kloaka, Beri Petunjuk Bagaimana Dinosaurus Kawin

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menariknya, fosil Ajnabia odysseus ditemukan di Afrika. Hal ini pun membuat bingung peneliti, bagaimana dinosaurus itu bisa sampai ke benua hitam.

Pasalnya, selama periode Zaman Kapur Akhir, benua Afrika merupakan benua yang sepenuhnya terisolasi oleh laut dalam.

"Benar-benar tidak pada tempatnya, seperti menemukan seekor kanguru di Skotlandia. Afrika benar-benar terisolasi oleh air. Jadi bagaimana mereka bisa sampai ke sana?," kata Nicholas Longrich, dosen senior di Milner Center for Evolution di University of Bath yang memimpin studi ini.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.