Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kopi dan Teh Hijau Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes?

Kompas.com - 30/10/2020, 13:05 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Minum teh hijau dan kopi, ternyata tak hanya baik bagi kesehatan. Sebuah studi mengungkap konsumsi teh hijau dan kopi dapat menurunkan risiko kematian pada penderita diabetes tipe 2.

Berdasarkan temuan studi yang diterbitkan dalam jurnal daring BMJ Open Diabetes Research & Care mengungkapkan dengan minum 4 cangkir atau lebih teh hijau ditambah 2 cangkir kopi setiap hari, berkaitan dengan risiko kematian, 63 persen lebih rendah selama sekitar 5 tahun.

Dilansir dari Science Daily, Jumat (30/10/2020), orang dengan diabetes tipe 2 lebih rentan terhadap penyakit yang berkaitan dengan peredaran darah, demensia, kanker, dan patah tulang.

Kendati saat ini semakin banyak obat yang efektif, hingga modifikasi gaya hidup seperti olahraga dan diet, namun pengobatan tetap menjadi landasan.

Baca juga: Jangan Minum Kopi Sebelum Sarapan, Studi Jelaskan Alasannya

 

Minum kopi dan teh hijau secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan, hal ini sudah ditemukan pada penelitian sebelumnya bahwa terdapat kandungan senyawa biokatif pada minuman ini.

Selanjutnya para peneliti mengeksplorasi potensi dampak teh hijau dan kopi secara terpisah dan digabungkan pada risiko kematian di antara orang-orang dengan kondisi diabetes. Hal ini dilakukan mengingat bahwa masih sedikit studi yang dilakukan pada penderita diabetes.

Orang Jepang yang mengidap diabetes tipe 2 dengan usia rata-rata 66 tahun yang sudah memiliki penyakit ini selama 5 tahun mulai dilacak kesehatannya. Peneliti melacak 2.790 pria dan 2.133 wanita dengan total 4.923 orang.

Baca juga: Studi Baru Buktikan Manfaat Teh Hijau Obati Lemak Hati pada Obesitas

 

Studi prospektif mengamati pengaruh perawatan, obat dan gaya hidup pada pasien yang sudah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry.

Penelitian ini menggunakan kuesioner dan orang yang diteliti perlu memberikan informasi latar belakang tentang gaya hidup, seperti olahraga teratur, merokok, konsumsi alkohol dan jam tidur malam.

Kuesioner makanan dan minuman berisis 58 pertanyaan dengan beberapa pertanyaan mengenai seberapa banyak teh hijau dan kopi yang dikonsumsi setiap hari.

Sampel darah dan urin diperiksa untuk mencari potensi faktor risiko yang menjadi dasar, hingga melakukan pengukuran tekanan darah, tinggi badan dan berat badan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com