Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Malam Ini, Konjungsi Bulan-Mars Hiasi Langit Indonesia

Kompas.com - 29/10/2020, 20:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Menemani libur panjang Anda sembari beraktivitas di rumah saja, Anda bisa mencoba mengamati pemandangan langit berupa konjungsi Bulan-Mars.

Mulai malam ini 29 Oktober 2020, fenomena konjungsi atau kesejajaran Bulan dan Mars akan kembali terjadi di langit Indonesia dengan puncak konjungsi terjadi pada esok hari, Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pada hari ini, konjungsi antara Bulan dan Mars dapat diamati sejak senja hari yaitu pada pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Ada 4 Fenomena Langit Hari Ini, Triple Konjungsi sampai Okultasi Mars

 

Anda dapat menyaksikannya kesejajaran ini dari arah Timur dengan sudut pisah 4,27 derajat dan ketinggian 25 derajat di atas ufuk.

Hingga esok hari, konjungsi kedua benda langit ini akan terbenam pada dini hari pukul 04.10 WIB dari arah Barat dengan sudut pisah 2,29 derajat.

Disebutkan pula keduanya akan terletak di konstelasi Pisces.

Baca juga: Puncak Oposisi Mars di Langit Indonesia Malam Ini, Apa Manfaatnya?

 

Setelah sebelumnya konjungsi Bulan-Mars pada bulan Oktober 2020 ini pernah terjadi pada tanggal 3 lalu, tetapi dinyatakan bahwa konjungsi yang akan terjadi mulai malam ini adalah lebih besar dibandingkan ketikan tanggal 3 Oktober tersebut.

Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang selama kondisi cuaca cerah, bebas polusi cahaya, dan bidang pandang yang tidak terhalang apapun.

Umumnya, untuk dapat mengetahui apakah itu Planet Mars, bisa Anda amati jika benda terang layaknya bintang itu berada segaris lurus dengan Bulan, dan bisa jadi yang paling terang penampakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com