Kombinasi Zat Aktif di Lada Hitam dan Temulawak Baik Cegah Penyakit

Kompas.com - 29/10/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi curcumin, senyawa yang terkandung dalam jahe, kunyit, temulawak, dan sereh. SHUTTERSTOCK/kwanchai.cIlustrasi curcumin, senyawa yang terkandung dalam jahe, kunyit, temulawak, dan sereh.


KOMPAS.com- Ahli menyebutkan, senyawa curcumin yang terkandung di dalam temulawak akan menjadi lebih tinggi lagi manfaat dan penyerapannya di dalam tubuh jika ditambah dengan senyawa piperin di dalam lada hitam.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR(Cand) dr Inggrid Tania MSi.

Seperti diketahui, umumnya masyarakat Indonesia telah banyak mengambil manfaat dari temulawak dari mengonsumsinya dengan cara diseduh atau direbus, serta dijadikan bubuk sebagai jamu.

Menurut Inggrid, temulawak yang mengandung zat aktif curcumin itu memang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita saat mengonsumsinya.

Baca juga: Produk Ekstrak Lebih Baik Dibanding Temulawak Segar, Simak 4 Alasannya

 

 

Di antaranya seperti bersifat antioksidan, antiperadangan, imunomodulator atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hepatoprotektor, dan menangkal radikal bebas, serta mencegah proses perubahan sel normal menuju sel kanker (antikanker).

Namun sayangnya, kata dia, curcumin yang didapatkan dari tanaman jenis temulawak jika dikonsumsi langsung akan susah sekali diserap oleh darah di dalam tubuh.

Sehingga, membutuhkan proses yang panjang untuk mengambil ekstrak curcumin yang akan lebih mudah diserap oleh darah di dalam tubuh dan terasa manfaatnya.

"Mengonsumsi (temulawak bersenyawan curcumin) dalam bentuk yang segar, itu bak juga. Kelemahannya yang segar itu adalah kita sulit untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang besar," jelas Inggrid dalam diskusi daring Talkshow Kesehatan dan Peluncuran Curcuma Force dari SOHO Global Health, Rabu (21/10/2020). 

Baca juga: Viral Ajakan Hindari Temulawak dan Kunyit, Ketua Umum Dokter Herbal Membantah

 

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal dari banyaknya khasiat yang besar dan baik bagi tubuh, senyawa curcumin akan sangat baik jika dikombinasikan dengan zat piperin.

Dijelaskan Inggrid, piperin adalah suatu senyawa yang bisa dihasilkan atau diisolasi dari lada hitam atau cabai jawa, yang memiliki khasiat mirip dengan kurkumin yaitu antioksidan dan anti peradangan.

" Piperin bagus jika dikombinasikan dengan kurkumin, karena curcumin ini seringkali sulit diserap oleh darah kita," kata dia.

Nah, dengan ditambahkan piperin, akan mempermudah absorpsi atau penyerapan curcumin dari saluran cerna ke dalam darah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X