Begini Caranya Lebih Dekat dengan Kucing, Studi Jelaskan

Kompas.com - 29/10/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi kucing peliharaan. Ilustrasi kucing peliharaan.


KOMPAS.com - Kucing merupakan hewaan yang sulit untuk didekati, bahkan bisa dikatakan bahwa kucing adalah hewan angkuh jika dibandingkan dengan anjing.

Jika Anda merasa bahwa kucing sulit diajak untuk berteman hal itu menandakan bahwa Anda belum berbicara dalam bahasanya.

Hal yang bisa dilakukan adalah tersenyum kepada mereka, tetapi bukan dengan cara manusia. Penelitian baru menemukan cara bahwa manusia bisa berkomunikasi dengan kucing.

Dilansir dari Science Alert, Kamis (29/10/2020), bahwa senyum dengan cara kucing adalah dengan menyipitkan mata dan berkedip secara perlahan.

Ilmuan telah memastikan bahwa ketika manusia melakukannya, maka kucing akan mulai mendekati dan menerima manusia, hal ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan.

Baca juga: Gambar Kucing Dibuat 2.000 Tahun Lalu Ditemukan di Peru

 

Psikolog Karen McComb dari University of Sussex di Inggris telah mempelajari perilaku hewan dan salah satunya kucing. Ia merasa sangat senang dapat menunjukkan bahwa kucing dan manusia bisa berkomunikasi dengan cara tersebut.

"Itu adalah sesuatu yang telah diduga oleh banyak pemilik kucing, jadi sangat menarik untuk menemukan bukti untuk itu," tutur McComb.

Seekor kucing yang rileks dan bahagia akan mengekspresikan wajah mereka dengan setengah tertutup dan dengan kedipan lambat, seperti senyuman pada kucing. Hal tersebut mirip dengan mata manusia yang menjadi sipit ketika tersenyum.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Alasan Kucing Sangat Berisik Saat Kawin

 

Ketika manusia mengisyaratkan hal tersebut itu akan dianggap sebagai ungkapan bahwa Anda ramah dan terbuka untuk berinteraksi dengan kucing.

Tim psikolog merancang dua eksperimen untuk menentukan apakah kucing berperilaku berbeda terhadap manusia yang berkedip lambat.

Pada percobaan pertama, pemilik berkedip perlahan pada 21 kucing dari 14 rumah yang berbeda.

Setelah kucing itu menetap dan nyaman di satu tempat di lingkungan rumah mereka, pemiliknya diperintahkan untuk duduk sekitar satu meter dan berkedip perlahan ketika kucing itu melihat mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X