Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2020, 17:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Bagi Anda yang akan beraktivitas di luar rumah, perlu mewaspadai adanya potensi cuaca buruk yang akan diperkirakan akan terjadi hingga esok hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk ini dikarenakan kondisi memasuki musim penghujan, sehingga membuat sebagian besar wilayah Indonesia mengalami curah hujan yang tinggi 9-10 Oktober 2020.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa potensi itu terjadi akibat adanya bibit siklon tropis 91W.

Siklon tropis 91W ini terpantau di Teluk Thailand bagian timur yang membentuk pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka.

Baca juga: Pembentukan Badai Siklon Tropis Nuri Tertangkap Satelit NASA, Ini Wujudnya...

 

Selain itu, juga terpantau bibit siklon tropis 92W di Filipina bagian utara yang membantuk konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah dan Laut Sulu.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar bibit siklon 91W dan 92W, serta di sepanjang daerah konvergensi tersebut seiring dengan arah gerak kedua bibit siklon tropis ke arah barat," jelas Guswanto.

Ia juga menambahkan, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah-daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan barat Bengkulu.

Sirkulasi siklonik lainnya ternyata juga ditemukan BMKG di perairan utara Papua.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konvergensi tersebut," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com