Pembentukan Badai Siklon Tropis Nuri Tertangkap Satelit NASA, Ini Wujudnya...

Kompas.com - 14/06/2020, 08:03 WIB
Instrumen MODIS yang terbang di atas satelit Terra NASA memberikan gambar yang terlihat dari Siklon Tropis Nuri yang baru berkembang. Dalam gambar ini menunjukkan sekumpulan badai mengelilingi pusat sirkulasi, dan terletak antara Filipina dan Pulau Hainan, China. NASA / WorldviewInstrumen MODIS yang terbang di atas satelit Terra NASA memberikan gambar yang terlihat dari Siklon Tropis Nuri yang baru berkembang. Dalam gambar ini menunjukkan sekumpulan badai mengelilingi pusat sirkulasi, dan terletak antara Filipina dan Pulau Hainan, China.


KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika ( NASA) menangkap pembentukan Siklon Tropis Nuri di wilayah Laut China Selatan.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebelumnya telah memantau adanya pembentukan siklon ini di sebelah barat Filipina.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bidang Meteorologi BMKG, Drs Herizal Msi mengatakan kepada Kompas.com, siklon tropis Nuri terpantau dengan intensitas cenderung menguat pada Jumat (12/6/2020) malam.

Munculnya potensi cuaca ekstrem yang salah satunya menyebabkan banjir di Gorontalo adalah pengaruh dari dampak siklon tropis Nuri.

Baca juga: Siklon Tropis Nuri Picu Cuaca Ekstrem seperti Banjir di Gorontalo, Ini Wilayah Waspada

Siklon tropis ini berisiko memicu bencana hidrometorologi seperti banjir, tanah longsor hingga banjir bandang.

Melansir Phys, Sabtu (13/6/2020), satelit Terra milik NASA, berhasil menunjukkan adanya pengembangan dari pembentukan siklon tropis tersebut.

Petugas BPBD, Tagana, TNI dan Polri bersama masyarakat  mengevakuasi korban banjir dengan menggunakan perahu karet di Desa Alale, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (11/6/2020). Petugas gabungan terus berusaha mengevakuasi warga yang masih terjebak dalam rumah mereka.ANTARA FOTO/ADIWINATA SOLIHIN Petugas BPBD, Tagana, TNI dan Polri bersama masyarakat mengevakuasi korban banjir dengan menggunakan perahu karet di Desa Alale, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (11/6/2020). Petugas gabungan terus berusaha mengevakuasi warga yang masih terjebak dalam rumah mereka.

Baca juga: Suhu Udara Panas, BMKG Sebut Ada Potensi Tumbuhnya Badai Tropis

Gambaran dari citra satelit NASA tersebut menunjukkan penampakan dari badai yang baru saja terbentuk.

Sebuah sistem tekanan rendah yang berkembang di Laut Filipina tengah berkembang dan bergeser menuju Laut China Selatan.

Tropical Depression Nuri atau yang juga dikenal sebagai 02W terbentuk pada pukul 5 sore waktu setempat setelah melewati Luzon, Filipina dan pindah ke Laut China Selatan.

Halaman:

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X