Cyanobacteria, Penyebab Ratusan Gajah di Botswana Mati Misterius

Kompas.com - 22/09/2020, 13:02 WIB
Gambar penampakan ratusan bangkai gajah mati di Botswana, Afrika. Penyebab kematian misterius akhirnya terungkap. REUTERSGambar penampakan ratusan bangkai gajah mati di Botswana, Afrika. Penyebab kematian misterius akhirnya terungkap.

KOMPAS.com - Racun yang dihasilkan oleh ganggang mikroskopis dalam air adalah penyebab kematian ratusan gajah yang misterius di Botswana, kata pejabat satwa liar.

Botswana adalah rumah bagi sepertiga populasi gajah Afrika yang semakin langka.

Bangkai-bangkai gajah terlihat di Delta Okavango antara bulan Mei dan Juni.

Para pejabat mengatakan sebanyak 330 gajah diketahui mati karena menelan cyanobacteria. Perburuan telah dikesampingkan sebagai penyebab kematian.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Musim Kawin Singkat, Gajah Betina Tak Akan Menjauh

Cyanobacteria adalah bakteri beracun yang dapat muncul secara alami di genangan air dan terkadang mekar dan menjadi besar, yang dikenal sebagai ganggang hijau biru.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa perubahan iklim mungkin membuat insiden ini - yang dikenal sebagai toxic bloom - karena mereka menyukai air hangat.

Penemuan ini diumumkan setelah tes berbulan-bulan dijalankan di laboratorium spesialis di Afrika Selatan, Kanada, Zimbabwe dan AS.

Banyak gajah mati ditemukan di dekat kubangan air, tapi hingga saat ini otoritas satwa liar meragukan penyebabnya adalah karena bakteri.

Alasannya, bakteri tersebut bermekaran di tepi kolam, sementara gajah cenderung minum dari tengah.

"Tes terbaru kami mendeteksi neurotoksin cyanobacterial sebagai penyebab kematian. Ini adalah bakteri yang ditemukan di dalam air," kata Kepala Departemen Satwa Liar dan Taman Nasional, Mmadi Reuben, dalam konferensi pers, Senin (20/9/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X