Kompas.com - 20/09/2020, 19:01 WIB
Ilustrasi anak badak jawa dan induknya. SHUTTERSTOCK/Evgheni KimIlustrasi anak badak jawa dan induknya.

KOMPAS.com - Bertepatan dengan hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan kabar baik.

Mereka mengumumkan kelahiran dua badak Jawa di Taman Nasional (TN) Ujung Kulon. Satu berjenis kelamin jantan dan satu lagi betina.

"Ibu Menteri berkesempatan memberikan nama anak badak jantan "Luther" dan yang betina diberi nama "Helen" tutur Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (20/9/2020).

Kehadiran kedua anak badak itu diketahui setelah tim Balai TN Ujung Kulon melihat hasil monitoring 93 kamera jebak sejak Maret hingga Agustus 2020.

Kamera jebak adalah unit kamera yang dapat diaktifasi secara otomatis karena dilengkapi dengan sensor untuk menditeksi gerakan atau cahaya.

Baca juga: Perlu Manajemen Habitat Lebih Agresif untuk Pelestarian Badak Jawa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wiratno menyampaikan bahwa kondisi habitat badak Jawa di TN Ujung Kulon terbukti masih baik.

"Hal ini ditandai dengan kelahiran badak Jawa saat ini. Bahkan tahun lalu, di TN Ujung Kulon juga terdapat empat kelahiran individu Badak Jawa," kata Wiratno.

Dia menjelaskan, kelahiran badak Jawa di TN Ujung Kulon mempertegas populasi badak Jawa yang terus mengalami perkembangbiakan alami dengan baik, sehingga terus memberi harapan besar bagi populasinya.

Hal ini juga berhubungan dengan ketersediaan pakan badak Jawa di semenanjung Ujung Kulon yang masih relatif sangat baik.

Sehingga menjadi daya dukung kehidupan dan perilaku badak Jawa pada saat ini dan masa yang akan datang.

Ilustrasi anak badak Jawa.SHUTTERSTOCK/Evgheni Kim Ilustrasi anak badak Jawa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.