Kompas.com - 10/09/2020, 14:03 WIB
Seekor kadal (Ctenotus schomburgkii) di Australia memiliki ekor bercabang dua. Damian Lettoof, Curtin University via IFL ScienceSeekor kadal (Ctenotus schomburgkii) di Australia memiliki ekor bercabang dua.

KOMPAS.com - Pernahkah melihat kadal menggigit satu sama lain, atau tampak seperti mencoba saling memakan satu sama lain? 

Rupanya, meski tampak seperti perkelahian antara dua kadal, sebenarnya itu adalah bentuk pacaran kadal atau gigitan cinta kadal.

Ahli herpetologi museum, Dr. Greg Pauly mengatakan, "kadal jantan menggigit betina di belakang kepala saat kawin, yang membuatnya tertahan di tempatnya sampai dia siap."

Baca juga: Kamasutra Satwa: Sebelum Bercinta, Jerapah Jantan Minum Urine Pasangannya

Dikutip dari NMH, Kamis (10/9/2020), setelah diamati, kadal bisa dalam posisi ini cukup lama, bahkan terkadang lebih dari satu jam, dan seringkali bergerak melalui ruang terbuka yang membuatnya mudah terlihat.

Mereka dapat tetap terikat dengan cara ini selama berjam-jam, tanpa peduli lingkungan sekitar mereka.

Selain mencegahnya melarikan diri untuk kawin dengan kadal jantan lain, perilaku pacaran ini menunjukkan betapa kuat kadal jantan tersebut.

Beberapa orang berspekulasi, bahwa kawin adalah unjuk kekuatan oleh si jantan, untuk membuktikan betapa berharganya dia sebagai pasangan.

Jantan dan betina dari beberapa spesies kadal biasanya mengembangkan warna oranye, untuk menunjukkan kondisi perkembangbiakannya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa betina sedang penuh dengan telur.

Namun, seperti yang ditunjukkan Greg, tidak ada data untuk mendukung klaim ini, tetapi dia mengakui bahwa itu mungkin benar.

Meski tampak sedikit kasar bagi sebagian orang, tetapi perilaku kawin ini tidak diketahui dapat membahayakan betina.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Semua Terlahir Jantan, Bagaimana Ikan Badut Bereproduksi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber NHM
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X