Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamasutra Satwa: Anglerfish Jantan Gigit Tubuh Betina, Jadi Parasit untuk Selamanya

Kompas.com - 06/05/2020, 20:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber Science

KOMPAS.comAnglerfish (Lophiiformes) adalah salah satu jenis ikan yang mendami kawasan laut dalam. Anda bisa mengenali ikan ini lewat antena yang menjulur dari kepalanya, dengan cahaya pada bagian ujungnya.

Dengan mulut yang besar dan penuh gigi runcing, anglerfish kerap disebut sebagai monster bawah laut. Ia berenang dalam kegelapan, memangsa ikan dan hewan laut lain yang lebih kecil.

Anglerfish juga termasuk dalam ikan purba, diperkirakan berasal dari 130 sampai 100 juta tahun lalu. Ikan ini tersebar di berbagai belahan dunia. Anglerfish jantan berukuran jauh lebih kecil dibanding betina.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Alat Kelamin Lebah Jantan Meledak usai Bercinta

Lalu, bagaimana cara anglerfish bereproduksi?

Mengutip berbagai sumber, anglerfish memiliki ritual reproduksi yang unik dan cukup menyeramkan. Ikan jantan melekatkan dirinya kepada si betina, dengan cara menggigit bagian abdomen ikan betina.

Masih ingat gigi tajam yang memenuhi seluruh rongga mulut anglerfish? Itulah yang ditancapkan pada tubuh si betina. Namun sekali anglerfish melakukan hal ini, ia tidak bisa melepasnya.

Ikan sungut ganda (anglerfish)NOAA Ikan sungut ganda (anglerfish)

Apakah sperma langsung disalurkan begitu ia melekatkan diri? Tidak seperti itu. Pelekatan ini adalah proses yang lama. Tubuh anglerfish jantan akan tetap menjadi parasit pada tubuh betina, dan sperma baru akan tersalurkan apabila si betina sudah merasa siap bereproduksi.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Kanibalisme Belalang Sembah, Kepala Jantan Dimakan Usai Bercinta

Anglerfish jantan mati perlahan. Tubuhnya pelan-pelan akan menyatu dengan anglerfish betina, menyisakan hanya bagian kelaminnya. Ini terjadi sampai anglerfish betina akhirnya mati.

Para ilmuwan mengetahui ritual reproduksi ikan yang tidak biasa ini lewat bangkai anglerfish yang tersapu ombak sampai pesisir. Banyak bangkai anglerfish dengan si jantan yang masih menempel pada bagian abdomen betina.

Anda bisa melihat videonya di sini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com