Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Bulu Kuduk Berdiri saat Udara Dingin?

Kompas.com - 26/07/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi bulu kuduk berdiri Bele Olmez/Getty ImagesIlustrasi bulu kuduk berdiri

KOMPAS.com – Saat kedinginan atau ketakutan, tak jarang kita merinding sehingga bulu kuduk (bulu halus pada tubuh, terutama tangan dan tengkuk) pun berdiri.

Mengapa rasa takut atau kedinginan berhubungan menghasilkan reaksi fisik seperti itu?

Mengutip Science Alert, Minggu (26/7/2020), penelitian terbaru membuktikan bahwa bulu kuduk berdiri berhubungan dengan stem cell (sel punca) yang mengontrol folikel dan pertumbuhan rambut.

Dalam analisis terperinci terhadap tikus, para ilmuwan menemukan bahwa otot-otot spesifik pada area tertentu berkontraksi saat kita merinding. Otot tersebut terhubung pada sistem saraf simpatik.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Kita Selalu Berkedip?

Ketika tubuh merasakan suhu rendah, otot-otot ini menjembatani kesenjangan antara saraf simpatik dengan folikel rambut. Momen kesenjangan itulah yang menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Dalam jangka panjang, hal ini juga menyebabkan meningkatnya pertumbuhan rambut.

“Kulit adalah sebuah sistem yang mencengangkan. Kulit memiliki sel punca yang dikelilingi oleh tipe sel yang berbeda,” tutur ahli biologi dari Harvard University, Ya-Chieh Hsu.

Oleh karena itu, lanjut ia, stem cell bisa merespon stimulus yang berbeda-beda baik dari dalam tubuh, stimulus pada kulit, sampai dari lingkungan luar.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Suara Orang Berbeda dan Unik?

“Dalam penelitian ini, kami mengidentifikasi ceruk komponen ganda yang menarik dan kaitan antara sel punca dengan perubahan suhu di luar,” tambah Chieh Hsu.

Dalam penelitian ini, tim ilmuwan menggunakan mikroskop elektron resolusi tinggi untuk mengidentifikasi sistem naiknya bulu kuduk. Penelitian tersebut melibatkan tiga jenis jaringan yang ditemukan di banyak organ antara lain saraf simpatis, mesenkim (terdapat pada otot kecil), dan epitel (sel induk folikel rambut).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X