Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Suara Orang Berbeda dan Unik?

Kompas.com - 03/07/2020, 07:00 WIB
Juara Indonesian Idol 9 Maria Simorangkir (kiri) dan juara Indonesian Idol X Lyodra Ginting menyanyikan lagu Never Enough di panggung Konser Kemenangan di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020). YouTube/Indonesian IdolJuara Indonesian Idol 9 Maria Simorangkir (kiri) dan juara Indonesian Idol X Lyodra Ginting menyanyikan lagu Never Enough di panggung Konser Kemenangan di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020).

KOMPAS.com - Saat mendengarkan lagu secara acak, tak jarang kita langsung mengenali siapa penyanyinya.

Begitu juga saat ada teman yang memanggil nama kita, tapi kita tidak bisa menemukannya. Kita bisa tahu, suara siapa itu.

Apa yang disebutkan di atas merupakan sedikit bukti bahwa suara manusia itu unik.

Coba bayangkan jika semua orang memiliki warna suara yang sama, Anda mungkin tak akan mengenali siapa yang memanggil Anda.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Hidung Perempuan Lebih Sensitif Dibanding Pria

Suara merupakan salah satu hal terunik yang dimiliki manusia. Ini sama seperti sidik jari dan penampilan seseorang.

Meski ada orang mungkin memiliki suara yang agak mirip, sebenarnya tidak ada suara yang persis sama.

Lantas, apa yang menyebabka suara orang berbeda?

Semua orang memiliki suara unik dan berbeda karena ada begitu banyak faktor yang bekerja untuk menghasilkan suara itu.

Suara dimulai dari paru-paru, di mana udara dihembuskan untuk membuat aliran udara di trakea dan melintasi laring, yang sering disebut kotak suara.

Lipatan vokal alias pita suara membentang horisontal di laring. Saat udara melewati pita suara, itu akan bergetar dengan sangat cepat dan menghasilkan suara.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X