Ahli: Manfaatkan Matahari sebagai Sumber Vitamin D Gratis

Kompas.com - 26/07/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/AlrandirIlustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

KOMPAS.com - Vitamin D sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari, berupa ultraviolet B.

Terkait hal ini, wilayah Indonesia termasuk negara yang beruntung karena hampir sepanjang tahun mendapat sinar matahari, meski sedang musim hujan.

Ironisnya, masih ada banyak orang Indonesia yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D.

Baca juga: Banyak Orang Indonesia Kekurangan Vitamin D, Kenali Faktor Risikonya

Ahli Alergi Imunologi Anak Indonesia, Prof Dr Budi Setiabudiawan dr SpA(K) menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang mempengaruhi berbagai sektor termasuk ekonomi, seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Manfaatkanlah sinar matahari yang tidak perlu dibeli dan gratis ini," kata Budi dalam webinar Vitamin D3 Series Kalbe: Lindungi Anak Indonesia dengan Daya Tahan Tubuh yang Optimal, Kamis (23/7/2020).

Budi menuturkan, jika Anda ingin mendapatkan sumber utama dari matahari cukup dengan berjemur setidaknya 15-20 menit saja. Itu sudah sangat cukup.

Selain itu, saat berjemur tidak perlu sekujur tubuh terpapar sinar matahari.

Paling tidak, cukup kedua tangan dari jemari sampai siku dan kedua kaki Anda yang mendapat paparan sinar matahari langsung.

Budi menyebutkan, sinar matahari yang mengandung banyak ultraviolet B ada pada pukul 10.00 sampai 14.30 siang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X