Studi: Ibu Hamil Bisa Tularkan Virus Corona pada Janin, Tapi...

Kompas.com - 12/07/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil dan janin dalam kandungan. SHUTTERSTOCK/zffotoIlustrasi ibu hamil dan janin dalam kandungan.


KOMPAS.com - Sebuah penelitian kecil di Italia menemukan bukti penularan virus corona dari ibu hamil pada janin.

Para peneliti, seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (12/7/2020), memeriksa sampel dari berbagai spesimen, seperti dari air susu ibu (ASI), plasenta, swab vagina, cairan ketuban dan darah dari tali pusar.

Sampel tersebut diambil dari 31 wanita dari tiga rumah sakit di Italia selama wabah Covid-19, yakni dari Maret hingga April 2020, dan kesemua kehamilan dalam trimester ketiga.

Ditemukan adanya tanda-tanda infeksi virus corona dan antibodi di seluruh sampel tersebut.

Baca juga: Tips Jaga Kehamilan Aman bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Setelah beberapa minggu, pejabat kesehatan setempat telah meyakinkan masyarakat bahwa penularan vertikal tidak mungkin, studi kecil tersebut menambah bukti yang menunjukkan hal sebaliknya.

"Studi kami menunjukkan, transmisi vertikal Covid-19 dalam rahim ibu ke janin memang mungkin terjadi," kata penulis penelitian Dr. Claudio Fenizia, spesialis imunologi di University of Milan.

Pada awal pandemi, para ahli meyakini janin tidak bisa terinfeksi virus corona dari ibunya yang positif Covid-19 saat mengandung.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X