Tips Jaga Kehamilan Aman bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 20/06/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan di masa pandemi Covid-19. Ilustrasi ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan di masa pandemi Covid-19.


KOMPAS.com - Kehamilan di tengah pandemi Covid-19 tentu memberikan kekhawatiran bagi sebagian besar wanita. Ini membuat ibu hamil harus lebih ketat menjaga kehamilannya agar tetap aman di masa pandemi.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Eric Kasmara, Sp. OG mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil untuk tetap menjaga keamanan kehamilan di tengah masa pandemi.

Paling mendasar adalah menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut, terapkan etika batuk yang tepat, serta menjaga jarak.

Baca juga: Dampak Covid-19, Diperkirakan Terjadi 7 Juta Kehamilan Tak Terduga

"Hindari keramaian, kita enggak tahu kan kalau disana ternyata ada orang tanpa gejala. Selain itu, meski pakai masker tapi kalau jarak dekat malah tetap bisa terjadi penularan," ujarnya webinar RSPI: Persiapan Persalinan di Masa New Normal, Kamis (18/6/2020).

Di sisi lain, asupan gizi ibu hamil juga harus terpenuhi, mulai dari kebutuhan karbohidrat, lemak, serat, vitamin, mineral, dan air putih. Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil, oleh sebab itu harus banyak minum untuk menghindari dehidrasi.

Soal makanan, dr. Eric menyarankan untuk menghindari makan makanan dari luar, terutama makanan cepat saji.

Ilustrasi ibu hamil di tengah pandemi virus corona.Shutterstock Ilustrasi ibu hamil di tengah pandemi virus corona.

Baca juga: Lebih dari 400.000 Kehamilan Baru Terjadi Selama Pandemi di Indonesia

 

Jauh lebih baik makan makanan segar yang dimasak sendiri untuk menjamin keamanan makanan, terlebih ditengah masa pandemi.

"Makan di luar di kurangi, takut enggak higienis," kata dia.

Tak hanya itu, olahraga rutin perlu dilakukan ibu hamil karena bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan fit.

Ada beragam olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Di antaranya, dr. Eric menyarankan, berenang, yoga, senam hamil, jalan pagi.

Baca juga: Perhatikan Asupan Gizi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

"Yang perlu diperhatikan, olahraga ini harus aktivitas fisik, sehingga dipastikan ibu ada pergerakkan," katanya.

Dr. Eric juga menyarakan Ibu hamil untuk rajin berjemur dibawah matahari pagi setidaknya 15 menit setiap harinya.

Selain itu, hindari penggunaan sepatu berhak tinggi, berlatih teknik pernapasan bagi ibu hamil yang akan melakukan persalinan normal, serta punya istirahat yang cukup.

"Istirahat cukup juga penting, sekarang (di masa pandemi Covid-19) karena ibu hamil suka main medsos (media sosial) jadi suka begadang," pungkasnya.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X