Kompas.com - 04/07/2020, 19:00 WIB
Perspektif kawah Korolev diselimuti es air. Salah satu kawah di planet Mars. Björn Schreiner 2018 - FU BerlinPerspektif kawah Korolev diselimuti es air. Salah satu kawah di planet Mars.


KOMPAS.com - Belum lama ini, badan antariksa Eropa (ESA) mengunggah video penerbangan pesawat ruang angkasa mengelilingi planet Mars.

Salah satu pemandangan yang menakjubkan yang ditampilkan ESA yakni penampakan kawah paling menakjubkan di planet merah ini.

Video ini dibuat dengan menggunakan citra dari kamera beresolusi tinggi Mars Express, High Resolution Stereo Camera (HRSC).

Melansir Science Alert, Sabtu (4/7/2020), gambar-gambar yang ditampilkan menunjukkan topografi Mars yang direkam dalam berbagai perspektif.

Baca juga: Mars Ternyata Punya Kawah Raksasa Berisi Es Abadi

Kawah Korolev adalah kawah di Mars dengan berdiameter 82 km dan paling dalam 2 km.

Kawah ini terpelihara dengan baik, terletak di dataran rendah utara Mars.

Tepat di sisi selatan, sepetak besar tanah yang dipenuhi bukit pasir yang mengelilingi bagian dari penutup kutub utara planet merah ini yang dikenal dengan Olympia Undae.

Baca juga: Juli 2020, Helikopter Pertama NASA untuk Jelajahi Mars Siap Diluncurkan

Uniknya, di dalam kawah meski tampak seperti material salju, namun ternyata di dalam kawah berisi es air.

Pada gundukan yang berada di pusat kawah sekitar 1,8 km, sepanjang tahun lapisan es tersebut selalu tebal.

Itu adalah salah satu reservoir es non-polar terbesar di Mars.

Lantas bagaimana lapisan es tersebut tetap stabil di Kawah Korolev?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X