Ledakan Komet Diduga Jadi Penyebab Hancurnya Desa Kuno di Suriah

Kompas.com - 22/06/2020, 07:12 WIB
Jennifer Rice, CometResearchGroup.orgIlustrasi detik-detik terakhir di desa prasejarah Abu Hureyra, di mana bola api dari langit kemungkinan menghancurkan desa.

KOMPAS.com - Puing-puing dari sebuah komet diduga telah melenyapkan sebuah desa kuno di Suriah yang bernama Abu Hureyra, sekitar 13.000 tahun lalu.

Desa Abu Hureyra adalah pemukiman yang terdiri dari gundukan tanah dan menjadi tempat pertama manusia belajar ilmu bercocok tanam, berdasarkan temuan penelitian sebelumnya.

Situs ini digali pada tahun 1972-1973 setelah ditemukan saat proses pembuatan Danau Assad, waduk terbesar di Suriah. Para arkeolog pun melakukan penggalian secara cepat sebelum akhirnya situs tertutup air.

Kendati demikian, penggalian yang tergesa-gesa itu berhasil memperlihatkan partikel aneh yang ditemukan di permukaan tanah di situs tersebut.