Awan Debu Raksasa dari Sahara Bergerak ke AS, Ini Dampaknya

Kompas.com - 21/06/2020, 19:00 WIB
Suhu panas akibat pemanasan global terasa seperti di Gurun Sahara. ShutterstockSuhu panas akibat pemanasan global terasa seperti di Gurun Sahara.

KOMPAS.com - Awan debu raksasa dari Gurun Sahara sedang menuju ke barat melintasi Samudera Atlantik dan bisa sampai di AS awal pekan depan.

Satelit Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menangkap gambar menakjubkan berupa debu yang bertiup dari pantai barat Afrika pada 7 Juni 2020.

Layanan Cuaca Houston telah memperkirakan debu besar dari Sahara itu akan bermigrasi melintasi Samudra Atlantik pekan ini dan sampai di Karibia dan Teluk Meksiko.

Setelah itu, debu raksasa akan terus bergerak dan diperkirakan mencapai Texas pada Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Selain Gerhana, Summer Solstice Juga Terjadi Hari Ini, Apa Itu?

Pemodelan GEOS-5 milik Badan Antariksa AS (NASA) juga memperkirakan hal yang sama. Bahkan, mereka menduga debu raksasa bisa mengenai bagian Florida dan Louisanna.

Dampak dari peristiwa ini adalah langit tampak berkabut pada siang hari, saat matahari terbit, dan terbenam.

"Jika debu raksasa mencapai daerah itu, kita akan melihat langit lebih merah saat matahari terbit dan terbenam selama beberapa hari dan mungkin cuaca menjadi lebih kering," tulis National Weather Service Houston dalam twitnya.

Dilansir IFL Science, Rabu (17/6/2020), aliran debu gurun yang sangat besar bergerak di sepanjang Lapisan Udara Sahara (Sahara Air Layer), lapisan udara panas dan kering yang bergerak sekitar 10 hingga 25 meter per detik di atas udara permukaan yang lebih dingin dari Samudra Atlantik.

Lapisan Udara Sahara biasanya landai di pertengahan Juni, memuncak selama musim panas, dan memompa ledakan aktivitas di Atlantik Utara selama tiga sampai lima hari.

"Kami sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya. Namun kali ini signifikan berdasarkan ukuran dan perjalanan jauhnya ke barat," kata Jason Dunion, ahli meteorologi dari Universitas Miami sekaligus ilmuwan NOAA.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X