Ditemukan Racun Mematikan pada Ubur-Ubur Raksasa Nomura

Kompas.com - 21/06/2020, 20:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Sri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Nemopilema nomurai adalah jenis ubur-ubur raksasa yang lebih dikenal dengan sebutan Nomura. Ubur-ubur ini memiliki diameter 2 meter dan berat 200 kilogram.

Tak hanya memiliki ukuran raksasa, ubur-ubur Nomura juga punya racun mematikan yang dikeluarkan melalui tentakelnya yang panjang.

Ubur-ubur raksasa ini hanya ditemukan di lepas pantai Asia Timur yakni China, Korea, dan Jepang, dan telah menyengat ratusan ribu perenang tiap tahunnya.

Ketika sengatan terjadi, racun ubur-ubur Nomura langsung memberikan rasa sakit yang parah, diikuti oleh kemerahan dan pembengkakan.

Dalam beberapa kasus meski sangat jarang, sengatan tersebut dapat menyebabkan syok, cedera parah, bahkan kematian.

Memang belum diketahui apa yang membuat racun makhluk ini begitu berbahaya dan  mematikan bagi sebagian orang. Meski demikian, penelitian terkini membuat semakin dekat untuk mengetahui komponen yang benar-benar mematikan pada racun.

Baca juga: Lebih Kuat dari Opioid, Racun Laba-laba Bisa Jadi Obat Penghilang Rasa Sakit

Dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research, para peneliti menganalisis racun luar biasa ini melalui teknik sekuensing genom, transkriptomik, dan proteomik.

Hasilnya, peneliti menemukan campuran yang sangat kompleks yakni lebih dari 200 racun dalam sengatan tersebut. Masing-masing racun dapat menargetkan organ tertentu atau merusak sistem tubuh.

"Kami telah mencoba memurnikan racun mematikan dari ubur-ubur Nomura, tapi ternyata sangat sulit untuk memisahkan antar protein dalam racun secara individual," tulis para peneliti, seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (21/6/2020).

Dengan kata lain racun ini sangat kompleks. Sulit untuk menghilangkan semua faktor individual yang terlibat di dalamnya, setidaknya dengan penelitian yang dilakukan saat ini.

Dalam studi tersebut, tim peneliti juga memotong dan membekukan tentakel yang didapat langsung dari ubur-ubur hidup.

Kemudian dilakukan pemisahan campuran dengan teknik disentrifugasi, untuk mengumpulkan nematocysts, sel khusus dalam ubur-ubur yang berisi gulungan racun.