Waspada Potensi Banjir Rob dan Gelombang Tinggi, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 18/06/2020, 15:00 WIB
Pengendara motor melintas saat banjir rob menggenangi Kompleks Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). Banjir di kawasan tersebut diduga akibat adanya tanggul yang jebol saat naiknya permukaan air laut di pesisir utara Jakarta. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APengendara motor melintas saat banjir rob menggenangi Kompleks Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). Banjir di kawasan tersebut diduga akibat adanya tanggul yang jebol saat naiknya permukaan air laut di pesisir utara Jakarta.


KOMPAS.com- Masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar pesisir dan akan beraktivitas di perairan perlu waspada akan cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Cuaca ekstrem tersebut adalah potensi gelombang tinggi air laut dan juga dampak limpasan banjir pesisir (Rob).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir (Rob) dan gelombang tinggi yang bisa terjadi di sejumlah wilayah Indonesia ini.

Potensi rob dan gelombang tinggi tersebut diperkirakan akan berlangsung mulai tanggal 19 hingga 21 Juni nanti. Namun, memiliki kecenderungan menurun seiring dengan kecepatan angin.

Baca juga: Perairan Utara Jawa Berpotensi Terjadi Banjir Rob, Ini 5 Faktor Penyebabnya...

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs Herizal MSc dalam keterangan tertulisnya mengatakan dampak limpasan banjir pesisir atau banjir rob yang pernah terjadi awal Juni lalu, diperkirakan akan kembali terjadi.

Herizal berkata, banjir rob ini diperkirakan akan kembali berulang khususnya untuk di wilayah pesisir berikut.

  • Pesisir Utara Jawa (utara Jakarta, Pekalongan, Semarang, Demak, hingga beberapa wilayah di pantai utara Jawa Timur)
  • Sebagian besar pesisir selatan Pulau Jawa
  • Pulau Bali
  • Nusa Tenggara

Warga berdiri di pinggiran pantai Ampenan saat terjadi gelombang tinggi di sepanjang pesisir pantai Ampenan, Mataram, NTB, Rabu (27/5/2020). Menurut keterangan sejumlah nelayan di daerah tersebut gelombang tinggi terjadi sejak  26 Mei 2020 (pukul 03.00 Wita) yang mengakibatkan banjir rob dan sejumlah perahu nelayan rusak diterjang gelombang di Lingkungan Pondok Perasi dan Kampung Bugis.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.AHMAD SUBAIDI Warga berdiri di pinggiran pantai Ampenan saat terjadi gelombang tinggi di sepanjang pesisir pantai Ampenan, Mataram, NTB, Rabu (27/5/2020). Menurut keterangan sejumlah nelayan di daerah tersebut gelombang tinggi terjadi sejak 26 Mei 2020 (pukul 03.00 Wita) yang mengakibatkan banjir rob dan sejumlah perahu nelayan rusak diterjang gelombang di Lingkungan Pondok Perasi dan Kampung Bugis.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter, Ini Daftar Wilayahnya

Sementara itu, potensi gelombang tinggi berpeluang terjadi di wilayah Laut Jawa yang mencapai tinggi gelombang antara 2,5 meter hingga 4.0 meter.

Sedangkan, di wilayah sekitar Samudera Indonesia selatan Pulau Jawa hingga Sumba bisa mendapatkan tinggi gelombang mencapai lebih dari 4.0 meter.

Baca juga: BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya...

Oleh sebab itu, Herizal mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan peluang cuaca ekstrem, rob dan gelombang tinggi ini.

"Masyarakat terutama yang bermata pencaharian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan upaya mitigasi terhadap potensi bencana rob (banjir pesisir) dan gelombang tinggi," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X