Pecahkan Rekor, Seekor Burung Terbang 12.000 Km dan Lintasi 16 Negara

Kompas.com - 28/05/2020, 07:04 WIB
Burung cuckoo (Cuculus canorus), terbang sejauh 12.000 kilometer dari Afrika bagian selatan ke Mongolia. Perjalanannya dipantau satelit. FRANK GARDNER/BBCBurung cuckoo (Cuculus canorus), terbang sejauh 12.000 kilometer dari Afrika bagian selatan ke Mongolia. Perjalanannya dipantau satelit.

KOMPAS.com - Seekor burung baru saja mencatat salah satu perjalanan terjauh yang pernah dilakukan unggas di dunia.

Burung tersebut diketahui melintasi 16 negara dengan menyeberangi laut dan menantang angin kencang.

Dengan menggunakan satelit, para ilmuwan memantau perjalanan sang burung sejauh 12.000 km dari Afrika bagian selatan ke tempat pengembangbiakannya di Mongolia.

Para ilmuwan menyebutnya sebagai "perjalanan yang sangat panjang".

Baca juga: Seri Hewan Nusantara: 127 Tahun Hilang, Kadal Ini Ditemukan di Danau Toba

Burung cuckoo (Cuculus canorus), yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai kangkok Erasia. Burung ini dinamai Onon, seperti sebuah sungai di Mongolia.

Sang unggas berangkat dari rumah musim dinginnya di Zambia pada 20 Maret 2020.

Dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam, dia terbang melintasi ribuan kilometer Samudra Hindia tanpa henti dan negara-negara seperti Kenya, Arab Saudi, dan Bangladesh.

Onon adalah satu dari lima burung kangkok yang dipantau menggunakan satelit di Mongolia musim panas lalu untuk Proyek Cuckoo Mongolia - kerja sama ilmuwan lokal dan British Trust for Ornithology (BTO) untuk memantau migrasi jarak jauh burung.

Dari lima burung yang ditandai, Onon adalah satu-satunya yang tercatat menyelesaikan perjalanan pulang yang menakjubkan.

Burung kangkok lain yang ditandai, bernama Bayan, menghabiskan sebagian musim dingin di sebelah Gunung Kilimanjaro di Afrika Timur, mencapai Yunnan di Cina - tetapi kemudian diyakini mati karena kelelahan atau diburu untuk dimakan.

Peta perjalanan Onon, burung cuckoo yang pecahkan penerbangan paling jauh. Burung ini terbang sejauh 12.000 kilometer dan melintasi 6 negara, dari Afrika sampai Mongolia.Birding Beijing/BBC Peta perjalanan Onon, burung cuckoo yang pecahkan penerbangan paling jauh. Burung ini terbang sejauh 12.000 kilometer dan melintasi 6 negara, dari Afrika sampai Mongolia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X