Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Hewan: Layaknya Manusia, Anjing Juga Alami Masa Pubertas

Kompas.com - 17/05/2020, 19:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.comMoody, kurang kooperatif, dan semaunya sendiri. Kira-kira tiga hal itu cukup menggambarkan masa pubertas yang dialami manusia, baik pria maupun wanita.

Pada manusia, masa pubertas kerap terjadi saat remaja. Namun penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa pubertas tak hanya terjadi pada manusia, tapi juga hewan khususnya anjing.

Studi terbaru membuktikan bahwa anjing juga mengalami masa seperti pubertas, di mana ia kerap tidak mau menurut dan bertingkah seenaknya. Anjing mengalami fase ini pada usia sekitar delapan bulan.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Mirip Manusia, Ular Juga Punya Teman

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti perilaku hewan dari Newcastle University, Inggris. Lucy Asher, begitu namanya, melakukan pengujian terhadap 378 ekor anjing.

Studi tersebut menunjukkan bahwa anjing jauh lebih patuh kepada majikannya setelah usia delapan bulan. Dengan catatan, fase ini hanya terjadi apabila si anjing memiliki majikan atau orang yang memeliharanya.

“Ini adalah fase yang sangat penting dalam hidup anjing. Mereka kerap sadar bahwa mereka bukan lagi anak anjing yang lucu,” tutur Asher seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (17/5/2020).

Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

Namun layaknya manusia, tentu fase pubertas ini akan dilewati oleh anjing.

Dalam eksperimen tersebut, 93 ekor anjing Labrador dan Golden Retriever berusia delapan bulan membutuhkan waktu lebih lama saat diperintah sit (duduk) dibanding saat usia mereka ima bulan.

Para ilmuwan menemukan fakta serupa saat melakukan eksperimen terhadap jenis anjing lainnya seperti German Shepherds. Para majikan menilai bahwa saat anjing mereka berusia delapan bulan, anjing lebih sulit untuk diperintah dibanding saat hewan peliharaan mereka berusia lima atau 12 bulan.

“Penelitian ini penting untuk mengingatkan para pemilik anjing, bahwa hewan peliharaan mereka tidak bisa dipaksa pada saat usia mereka menginjak delapan bulan,” tutur Asher.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Salmon Mampu Temukan Tempat yang Sama untuk Bertelur

Jika Anda mmemperlakukan mereka di luar kontrol, hal ini bisa berpengaruh terhadap perilaku anjing setelahnya.

Studi yang sama membuktikan bahwa anjing betina memiliki rasa keterikatan yang lebih tinggi dan lebih gelisah apabila berpisah dengan majikan mereka di fase ini.

Hasil penelitian ini juga selaras dengan data bahwa mayoritas anjing yang diberikan ke tempat penitipan untuk kemudian diadopsi berusia delapan bulan.

“Perubahan perilaku pada anjing saat masa pubertas ini mirip seperti hubungan orangtua dan anak pada mausia. Namun fase ini akan segera berakhir,” tutur ahli zoologi Naomi Harvey dari University of Nottingham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com