Botol Plastik Berbahan Dasar Tanaman, Terurai dalam Waktu 1 Tahun

Kompas.com - 17/05/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi botol plastik. Wikimediacommons/EffeietssandersIlustrasi botol plastik.

KOMPAS.com – Satu lagi upaya untuk membuat produk minuman botolan menjadi ramah lingkungan. Sebuah perusahaan biokimia di Belanda membuat botol minuman bersoda yang ramah lingkungan, dengan tanaman sebagai bahan dasarnya.

Avantium, begitu nama perusahaan tersebut, sekarang telah bekerja sama dengan perusahaan bir Carlsberg dalam produksi botol minuman mereka.

Chief Executive Avantium, Tom van Aken, menyebutkan bahwa pihaknya ingin melakukan investasi besar-besaran dalam perusahaan bioplastik di Belanda pada akhir tahun ini.

Baca juga: Sering Pakai Ulang Botol Plastik Bekas Air Minum? Ini Bahayanya

Proyek tersebut tetap berjalan meski saat ini seluruh dunia tengah terkena pandemi global Covid-19. Musim panas tahun ini, pihaknya berharap untuk melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan makanan dan minuman.

“Plastik jenis ini memiliki tingkat keberlangsungan yang tinggi karena tidak menggunakan bahan bakar fosil, dan bisa didaur ulang. Selain itu, bisa terurai di alam jauh lebih cepat dibanding plastik biasa,” tutur Van Aken seperti dilansir dari The Guardian, Minggu (17/5/2020).

Perusahaan besar seperti Coca-cola dan Danone juga menginisiasi hal serupa, dengan memperbaiki kemasan botolan untuk mengurangi risiko kerusakan lingkungan pada masa mendatang.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Enzim, Bisa Daur Ulang Plastik dalam Hitungan Jam

Secara global, saat ini ada lebih dari 300 ton plastik yang dibuat menggunakan bahan bakar fosil setiap tahunnya. Hal ini merupakan kontributor besar bagi krisis iklim.

Saat ini, mayoritas plastik termasuk botol minuman tidak bisa didaur ulang dan merupakan sumber dari mikroplastik yang tersebar di lautan. Mikroplastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk akhirnya terurai dengan baik.

Botol minuman ramah lingkungan yang didesain Avantium disebut cukup kuat untuk minuman berkarbonasi. Percobaan menunjukkan botol tersebut terurai sempurna dalam waktu satu tahun menggunakan alat pengurai, dan beberapa tahun dalam kondisi luar ruangan.

Rencananya, botol plastik ramah lingkungan ini akan tersedia di supermarket pada 2023.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X