Serba-serbi Hewan: Salmon Mampu Temukan Tempat yang Sama untuk Bertelur

Kompas.com - 14/05/2020, 08:03 WIB
Salmon Chinook kembali ke tempat yang sama untuk bertelur. sciencealertSalmon Chinook kembali ke tempat yang sama untuk bertelur.

KOMPAS.com - Saat tiba waktunya untuk bertelur, salmon Chinook (Oncorhynchus tshawytscha) biasanya akan kembali menuju ke sungai tempat mereka menetas. Aneh sekaligus misterius, bagaimana kemudian salmon-salmon itu bisa menemukan rute tersebut.

Pasalnya jalur yang mereka tempuh cukup jauh, dari Samudera Pasifik sekitar Alaska dan Kanada sebelum akhirnya mencapai sungai dengan aliran air tawar.

Salmon ini juga tahu mereka berada di mana, hendak menuju ke mana, dan melakukan koreksi arah jika menuju ke tempat yang salah. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: Kamasutra Satwa: Ikan Buntal Bangun Crop Circle Raksasa untuk Pasangannya

Sebuah penelitian baru mengungkapkan untuk mencapai tempat yang sama setiap tahun, salmon dipandu oleh medan magnetik.

Salmon dapat merasakan sinyal magnetik tersebut berkat reseptor magnet kecil yang terbuat dari kristal magnetik. Reseptor ini berfungsi sebagai semacam penerima GPS biologis sehingga salmon dapat kembali dan mengetahui titik tuju mereka.

"Ini pertama kalinya studi yang menunjukkan jika medan magnetik mempengaruhi perilaku orientasi ikan," papar David Noakes, peneliti dari Oregon State University, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Penemuan Baru, Hewan Ini Tak Butuh Oksigen untuk Bertahan Hidup

Namun peneliti pun belum bisa melacak di mana letak reseptor itu berada. Pasalnya, reseptor sangat sulit ditemukan karena benar-benar kecil dan bisa terletak hampir di mana saja di dalam tubuh hewan.

Hubungan antara salmon dengan medan magnet tersebut didapatkan setelah peneliti melakukan serangkaian percobaan.

Peneliti menggunakan dua lingkungan berbeda. Pertama, lingkungan yang dibuat mirip dengan medan magnet lokal sementara lingkungan berikutnya mirip dengan lokasi laut yang merupakan habitat salmon.

Baca juga: Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Muasal Jari Tangan Manusia

Lebih lanjut perlu penelitian lagi untuk mengungkap bagaimana reseptor pada salmon ini bekerja.

"Kami berusah mencari tahu siklus hidup salmon mulai dari air tawar, air asin, dan ketika mereka kembali lagi untuk bertelur," tambah Noakes.

Kemampuan untuk mendeteksi medan magnet planet menjadi prestasi evolusi luar biasa bagi manusia. Tapi bagi beberapa hewan, seperti burung, kelelawar, tikus, dan ikan hal itu sudah jadi sesuatu yang lumrah. Mereka bisa mengetahuinya dengan mudah.

Studi ini dipublikasikan di The Journal of Experimental Biology.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X