Serba-serbi Hewan: Salmon Mampu Temukan Tempat yang Sama untuk Bertelur

Kompas.com - 14/05/2020, 08:03 WIB
Monika Novena,
Sri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Saat tiba waktunya untuk bertelur, salmon Chinook (Oncorhynchus tshawytscha) biasanya akan kembali menuju ke sungai tempat mereka menetas. Aneh sekaligus misterius, bagaimana kemudian salmon-salmon itu bisa menemukan rute tersebut.

Pasalnya jalur yang mereka tempuh cukup jauh, dari Samudera Pasifik sekitar Alaska dan Kanada sebelum akhirnya mencapai sungai dengan aliran air tawar.

Salmon ini juga tahu mereka berada di mana, hendak menuju ke mana, dan melakukan koreksi arah jika menuju ke tempat yang salah. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: Kamasutra Satwa: Ikan Buntal Bangun Crop Circle Raksasa untuk Pasangannya

Sebuah penelitian baru mengungkapkan untuk mencapai tempat yang sama setiap tahun, salmon dipandu oleh medan magnetik.

Salmon dapat merasakan sinyal magnetik tersebut berkat reseptor magnet kecil yang terbuat dari kristal magnetik. Reseptor ini berfungsi sebagai semacam penerima GPS biologis sehingga salmon dapat kembali dan mengetahui titik tuju mereka.

"Ini pertama kalinya studi yang menunjukkan jika medan magnetik mempengaruhi perilaku orientasi ikan," papar David Noakes, peneliti dari Oregon State University, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (13/5/2020).