Berapa Kalori Menu Lebaran dari Rendang, Opor Ayam, sampai Kue Kering?

Kompas.com - 23/05/2020, 12:03 WIB
Lontong sayur salah  satu hidangan di warung Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria. KOMPAScom / Gabriella WijayaLontong sayur salah satu hidangan di warung Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria.

KOMPAS.com - Sebentar lagi, lebaran akan tiba. Dalam merayakannya, banyak makanan olahan santan yang dihidangkan di meja.

Rendang, opor ayam, dan lontong sayur merupakan beberapa menu utama yang disajikan saat Lebaran. Semua menu itu berbahan dasar santan.

Namun, bagaimana nutrisi dan kalori dari menu-menu Lebaran ini?

Melansir artikel Sehatq yang telah ditinjau oleh dr. Anandika, 10 Mei 2019, kandungan kalori dalam santan sangat tinggi. Sekitar 93 persen kalorinya adalah lemak. Sebagai analogi, satu cangkir santan saja mengandung sebanyak 552 kalori.

Untuk diketahui, kalori adalah jumlah energi yang diperlukan untuk meningkatkan temperatur 1 gram air sebesar 1 derajat selsius.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori dalam Sepiring Nasi Goreng? Sains Jelaskan

Nah, mari melihat hitugan kandungan kalori dari setiap hidangan utama Lebaran yang mengandung santan.

Rendang pada umumnya terbuat dari daging sapi. Dalam setiap porsi penyajian, rendang mengandung 468 kalori. Apabila dibedah lebih jauh lagi, kalori ini terdiri dari 26,57 gram lemak, 10,78 gram karbohidrat dan 47,23 gram protein.

Opor ayam, dalam setiap satu porsi menu makanan ini terdapat 320 kalori. Jumlah ini terdiri dari 11 gram karbohidrat, 15 gram protein, dan porsi terbesar berupa 25 gram lemak.

Lontong sayur, dalam setiap porsinya mengandung 389 kalori. Porsi terbesar adalah karbohidrat sebesar 57 gram, protein 14,5 gram, dan lemak 11 gram.

Kue kering

Tak hanya hidangan utama saja, sajian lain yang juga bisa membuat kecolongan adalah kue kering lezat yang ada di rumah. Sedikit demi sedikit menikmati kue kering, lama-lama menjadi tumpukan kalori.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X