Bukan Penyebar Corona, Trenggiling Justru Bisa jadi Kunci Pengobatan Covid-19

Kompas.com - 16/05/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi trenggiling yang diburu dan dijadikan bahan obat tradisional SHUTTERSTOCK/PATRICK FONSECAIlustrasi trenggiling yang diburu dan dijadikan bahan obat tradisional

KOMPAS.com - Analisis genom terbaru yang dilakukan oleh ahli genetika Ping Liu dari Akademi Sains Guangdong, China mengungkap jika trenggiling tak ada hubungannya dengan penyebaran virus corona.

Meski begitu, memahami trenggiling sendiri merupakan bagian yang penting untuk pengembangan pengobatan Covid-19.

Sebab, berdasarkan studi yang dipublikasikan di Frontiers in Immunology, trenggiling memiliki respons kekebalan terhadap virus yang membantunya tetap aman dari penyakit.

Baca juga: Trenggiling Mungkin Bukan Penyebar Virus Corona, Ini Alasannya

Temuan tersebut merupakan hasil dari analisis data genom trenggiling yang dibandingkan dengan mamalia lain seperti manusia, anjing, kucing dan ternak.

Dari analisis tersebut, peneliti menemukan bahwa trenggiling dapat mentoleransi virus corona walaupun mereka tak memiliki antivirus seperti sebagian besar mamalia lainnya.

"Kami menemukan trenggiling memiliki cacat genetik yang berkaitan dalam menangkal beberapa virus, salah satunya mungkin virus corona," ungkap Leopold Eckhart, peneliti dari Medical University of Vienna.

Secara khusus, trenggiling kekurangan dua gen yang biasanya memicu respon imun. Ketiadaan dua gen tersebut mungkin ada hubungannya dengan kemampuan trenggiling bertahan dari virus corona.