Puasa dan Vitamin C Efektif Mengobati Kanker, Studi ini Jelaskan

Kompas.com - 16/05/2020, 03:47 WIB
Ilustrasi vitamin C SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi vitamin C

KOMPAS.com - Puasa telah terbukti memberikan manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya sebagai terapi pengobatan penyakit.

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan di University of Southern California dan IFOM Cancer Institute di Milan menemukan manfaat lain dari puasa.

Para ilmuwan ini menunjukkan diet dengan meniru puasa bisa efektif untuk mengobati beberapa jenis kanker, ketika dikombinasikan dengan vitamin C.

Melansir Science Daily, Jumat (15/5/2020), studi dilakukan pada tikus, peneliti melihat kombinasi vitamin C dan puasa menunda perkembangan tumor pada beberapa tikus.

Baca juga: Ini Dosis Vitamin C yang Dianjurkan dan Efek Samping jika Berlebihan

"Untuk pertama kalinya, kami telah menunjukkan bagaimana intervensi yang tidak beracun ini secara efektif mengobati kanker yang agresif," kata Valter Longo, penulis senior penelitian ini.

Direktur USC Longevity Institute di Sekolah Gerontologi dan profesor USC Leonard Davis. ilmu biologi di USC Dornsife College of Letters, Seni dan Sains tersebut menjelaskan penelitian dilakukan dengan mengambil dua perawatan yang dipelajari secara luas.

Ilustrasi sel kanker Shutterstock Ilustrasi sel kanker