Puasa dan Vitamin C Efektif Mengobati Kanker, Studi ini Jelaskan

Kompas.com - 16/05/2020, 03:47 WIB
Ilustrasi vitamin C SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi vitamin C


KOMPAS.com - Puasa telah terbukti memberikan manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya sebagai terapi pengobatan penyakit.

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan di University of Southern California dan IFOM Cancer Institute di Milan menemukan manfaat lain dari puasa.

Para ilmuwan ini menunjukkan diet dengan meniru puasa bisa efektif untuk mengobati beberapa jenis kanker, ketika dikombinasikan dengan vitamin C.

Melansir Science Daily, Jumat (15/5/2020), studi dilakukan pada tikus, peneliti melihat kombinasi vitamin C dan puasa menunda perkembangan tumor pada beberapa tikus.

Baca juga: Ini Dosis Vitamin C yang Dianjurkan dan Efek Samping jika Berlebihan

"Untuk pertama kalinya, kami telah menunjukkan bagaimana intervensi yang tidak beracun ini secara efektif mengobati kanker yang agresif," kata Valter Longo, penulis senior penelitian ini.

Direktur USC Longevity Institute di Sekolah Gerontologi dan profesor USC Leonard Davis. ilmu biologi di USC Dornsife College of Letters, Seni dan Sains tersebut menjelaskan penelitian dilakukan dengan mengambil dua perawatan yang dipelajari secara luas.

Ilustrasi sel kanker Shutterstock Ilustrasi sel kanker

Baca juga: Pasien Kanker Rentan Terinfeksi Virus Corona, Begini Saran Ahli

"Sebagai intervensi untuk penghambat penuaan. Dengan menggabungkan diet meniru puasa dan vitamin C ini menjadi pengobatan yang kuat untuk kanker," imbuh dia.

Diet meniru puasa

Kendati demikian, untuk sementara puasa tetap menjadi pilihan menantang bagi pasien kanker. Sedangkan pilihan aman yakni diet nabati rendah kalori yang menyebabkan sel merespons seolah-olah tubuh sedang berpuasa.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications ini menunjukkan pengobatan diet fasting-mimicking rendah ditambah dengan vitamin C memiliki potensi untuk menggantikan lebih banyak terapi beracun.

Hasil penelitian sebelumnya tentang potensi melawan kanker, vitamin C telah dicampur. Studi terbaru mulai menunjukkan beberapa kemanjuran, terutama dalam kombinasi dengan kemoterapi.

Baca juga: Vitamin C Dosis Tinggi Ampuh Melawan Sel-sel Kanker

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X