Pengobatan Corona: Plasma Darah Pasien Covid-19 Perlu Dimurnikan, Kenapa?

Kompas.com - 12/05/2020, 16:03 WIB
China menemukan salah satu cara menyembuhkan infeksi virus corona, yakni dengan plasma darah bekas penderitanya Shutterstock.comChina menemukan salah satu cara menyembuhkan infeksi virus corona, yakni dengan plasma darah bekas penderitanya


KOMPAS.com - Ilmuwan di Indonesia tengah bekerja keras mengembangkan pengobatan untuk Covid-19, salah satunya dengan menggunakan terapi plasma darah pasien yang sembuh dari virus.

Sebab, antibodi virus corona pada pasien yang pulih dari Covid-19 telah terbentuk untuk dapat melawan infeksi virus corona baru, SARS-CoV-2.

Hal ini disampaikan ahli biokimia Fakultas MIPA ITB, Profesor Zeily Nurachman kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020) lalu.

"Oleh karena itu, mengapa orang yang telah sembuh dari Covid-19 diimbau untuk menyumbangkan plasma darahnya," kata Prof Zeily.

Baca juga: Terapi Plasma Darah Efektif Sembuhkan Covid-19, Benarkah?

Memisahkan dari pengotor plasma

Kendati demikian, Prof Zeily menegaskan sebelum memanfaatkan plasma darah dari orang yang sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2 ini sebaiknya dilakukan proses pemurnian terlebih dari.

Tujuannya, untuk memisahkan antibodi di dalam plasma pulih (convalescent plasma), yakni plasma darah dari pasien yang pulih dari Covid-19, dari zat-zat pengotor yang ada dalam plasma tersebut.

Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19Shutterstock/Kobkit Chamchod Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19

" Antibodi ini, namanya imunoglobulin G, di Indonesia sudah dipakai. tetapi mestinya tidak langsung pakai, harus dimurnikan dulu," ungkap Prof Zeily.

Baca juga: Ruam Kaki Covid Dialami Sejumlah Pasien, Mungkinkah Gejala Baru Corona?

Prof Zeily mengaku ITB memiliki mesin untuk memproses pemurnian plasma pulih dari pasien Covid-19, yang mana nantinya dapat digunakan untuk memisahkan plasma darah pasien dan mendapatkan antibodi murni (antibodi anticovid-19).

"Akan tetapi, kami tidak punya bahan kimia atau matriks untuk memurnikannya," kata dia.

Mengobati pasien Covid-19 parah

Lebih lanjut Prof Zeily mengatakan pemurnian plasma pulih untuk mendapatkan antibodi anticovid-19 ini sangat penting. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X