Pengobatan Corona: Obat Pengencer Darah Bisa Selamatkan Pasien Covid-19

Kompas.com - 08/05/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi obat untuk virus corona, obat corona ShutterstockIlustrasi obat untuk virus corona, obat corona


KOMPAS.com - Sejak virus corona baru merebak di China, hingga kini obat maupun vaksin belum ditemukan. Namun, hingga hampir 4 juta orang terinfeksi, lebih dari 1,3 juta orang sembuh dari penyakit ini.

Para dokter dan tenaga medis di seluruh dunia memberikan beragam perawatan.

Seperti melansir Science Daily, Jumat (8/5/2020), untuk mengobati pasien Covid-19 yang mengalami penggumapalan darah, dokter di Mount Sinai Hospital menggunakan pengencer darah.

Mount Sinai Hospital adalah rumah sakit keenam di Amerika Serikat spesialis kardiologi dan bedah jantung.

Baca juga: Efek Infeksi Virus Corona ini Bikin Bingung Dokter, Kok Bisa?

Para peneliti di Mount Sinai Covid Informatics Center melaporkan pengobatan pasien Covid-19 dengan obat antikoagulan atau pengencer darah dapat memperlambat pembekuan darah.

Perawatan ini diklaim dapat meningkatkan peluang hidup para pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology pada 6 Mei lalu dan dinilai dapat meberi wawasan baru tentang cara merawat pasien corona di rumah sakit.

Dalam studi ini, ditemukan pasien Covid-19 yang diobati dengan pengencer darah menunjukkan peningkatan kondisi kesehatan yang makin membaik selama berada di unit perawatan intensif.

Baca juga: Peneliti Uji Darah Pasien yang Pulih untuk Pengobatan Covid-19

Penelitian ini menunjukkan antikoagulan yang diminum, subkutan atau intravena dapat memainkan peran utama dalam merawat pasien Covid-19.

"Ini dapat mencegah kemungkinan dari efek mematikan virus corona, seperti serangan jantung, stroke dan emboli paru," jelas penulis senior Valentin Fuster, MD, PhD, Direktur Jantung Mount Sinai.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X