Pencemaran hingga Konflik Air, Ini 5 Dampak Perubahan Iklim bagi Indonesia

Kompas.com - 04/05/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi perubahan iklim ShutterstockIlustrasi perubahan iklim


KOMPAS.com- Perubahan iklim ternyata dapat mengancam perubahan siklus air di Bumi dan berdampak pada kehidupan manusia di dunia, termasuk di Indonesia.

Direktur Eksekutif Asia Pacific Centre for Ecohydrology (APCE) - UNESCO Category II Centre Prof. Dr. Ignasius D.A. Sutapa, MSc mengatakan sejauh ini memang sudah ada pertanda adanya perubahan iklim dan siklus air secara global.

"Kalau dilihat dari data yang ada itu ada pergeseran (siklus air). Akibatnya polanya ilim berubah dari waktu ke waktu," kata Ignasius kepada Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Pola yang berubah itu kemudian ditunjukkan dengan berbagai kondisi seperti musim kemarau menjadi lebih panjang dengan curah hujan yang pendek, tapi curah hujannya intensitas tinggi.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim, Pulau Kecil di Indonesia Terancam Tenggelam

Bumi semakin hangat, bongkahan-bongkahan es alam yang tadinya beku sudah banyak yang mencair, gunung-gunung yang tertutup salju sudah berkurang, berkurangnya gletser, dan juga muka air laut yang semakin meningkat.

"Akibatnya, terjadi pemanasan global, ke global iklim karena terjadi pergeseran siklus. Itu akan berdampak kepada aktivitas manusia," ujar dia.

Tampak sampah memadati Sungai Kahayan, yang membelah Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, akhir Maret lalu. Tak hanya persoalan sampah, kemudahan izin tambang juga mengakibatkan pencemaran air sungai yang menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. (DESI)Kompas.com/DESI SAFNITA SAIFAN Tampak sampah memadati Sungai Kahayan, yang membelah Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, akhir Maret lalu. Tak hanya persoalan sampah, kemudahan izin tambang juga mengakibatkan pencemaran air sungai yang menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. (DESI)

Baca juga: PBB: Perubahan Iklim Harus Dilawan seperti Pandemi Virus Corona

Ignasius menyebutkan, setidaknya ada lima dampak dari perubahan iklim dan siklus air ini pada kehidupan manusia, termasuk di Indonesia.

1. Pencemaran air

"Dampak dari perubahan iklim ini juga berakibat terhadap pencemaran air," kata dia.

Selain dari perubahan iklim di alam, aktivitas penduduk juga ikut terlibat dalam pencemaran air ini, dan mempengaruhi ketersediaan air yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Akhirnya, cadangan air untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat seperti air minum dan sanitasi juga berkurang dan sulit.

"Ya, oleh karena, air bakunya berkurang dari suplai (alam) ke masyarakat," tutur dia.

Baca juga: Banjir Jakarta Akibat Perubahan Iklim, Ini Upaya yang Bisa Dilakukan

2. Hilangnya keanekaragaman hayati

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X