Cegah Penularan Corona, Siapa Saja yang Perlu Isolasi Mandiri?

Kompas.com - 06/04/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi: isolasi mandiri, karantina mandiri, corona, covid-19 ShutterstockIlustrasi: isolasi mandiri, karantina mandiri, corona, covid-19


KOMPAS.com- Isolasi atau karantina mandiri dianggap menjadi kunci pencegahan penularan dan penyebaran virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab pandemik global Covid-19.

Dijelaskan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk Covid-19, Ahmad Yurianto, mengatakan esensi utama dalam pelaksanaan isolasi mandiri adalah memisahkan orang yang berpotensi sebagai sumber penyebar virus kepada orang-orang di sekitarnya.

" Karantina atau isolasi itu memisahkan sumber (orang berpotensi atau positif Covid-19) dan masyarakat rentan," kata Yuri dalam Facebook live Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Senin (6/4/2020).

Lantas siapa saja kategori orang yang seharusnya melakukan isolasi atau karantina mandiri?

Baca juga: Wabah Corona, Ini Tips Isolasi Mandiri dari Astronot di ISS

1. Orang sakit

Masih menurut Yuri, orang sakit yang dimaksudkan dalam kategori ini adalah mereka yang sudah melakukan pemeriksaan swab dan ditemukan adanya virus SARS-CoV-2 di tubuhnya.

Orang tersebut sudah jelas positif Covid-19 dan dianggap sakit, serta sangat berpotensi sekali untuk menularkan virusnya ke orang lain.

2. Orang yang mungkin sakit

Orang dengan kategori yang mungkin sakit, disebutkan Yuri adalah orang yang pernah melakukan tes rapid, dan hasilnya positif.

Orang yang memiliki hasil positif pada rapid test ini, diyakini dan sangat mungkin sekali menderita sakit Covid-19. Oleh sebab itu, orang dalam kategori ini perlu melakukan isolasi mandiri agar tidak berpeluang menularkan virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Baru Pulang dari Kota Terjangkit Corona, Haruskah Karantina Mandiri?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X