Baru Pulang dari Kota Terjangkit Corona, Haruskah Karantina Mandiri?

Kompas.com - 19/03/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi virus Corona atau Covid-19

KOMPAS.com - Tagar #DiRumahAja sedang bergaung di dunia maya. Tagar ini diciptakan untuk menghimbau lebih banyak orang melakukan social distancing dan menghindari penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang lebih luas di Indonesia.

Namun, #DiRumahSaja bukan sekadar himbauan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ahli medis menyebutkan bahwa karantina mandiri harus dilakukan oleh ODP atau mereka yang memiliki indikator, seperti baru pulang dari luar negeri atau pernah berkontak dengan pasien positif Covid-19.

Dijelaskan oleh Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, orang yang baru pulang dari luar negeri, meskipun tidak menunjukkan gejala, tetap termasuk kategori ODP.

Baca juga: Obat Flu Avigan Buatan Fujifilm Jepang Efektif Atasi Corona, tapi...

Karantina mandiri dilakukan selama 14 hari tanpa perlu dipantau secara terus menerus oleh petugas kesehatan atau keluarga.

"Sendiri saja. Kalau misalnya timbul gejala, baru ke fasilitas kesehatan (faskes)," kata Panji saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Untuk yang dari luar kota

Lantas, bagaimana bila baru pulang dari kota yang terjangkit virus corona? Apakah termasuk ODP juga dan harus karantina mandiri?

Panji menjelaskan bahwa secara teknisnya, ODP itu adalah kepulangan dari berkunjung ke tempat-tempat yang sudah ada penularan lokal atau bukan pasien impor (terinfeksi virus SARS-COV-2 saat berada di luar negeri).

"Tapi karena, menurut saya, surveilans dan penelusuran kontak di kita masih kurang baik, kita sering melewatkan kasus-kasus lokal. Jadi ya kalau sudah ada kasus di satu kota, saya sih akan anggap ada penularan lokal saja. Biar aman," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X