Kenali Berbagai Gejala TBC, dari Batuk, Demam sampai Sesak Napas

Kompas.com - 24/03/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pada saat ini, perhatian masyarakat Indonesia tengah terpusat pada wabah virus corona yang jumlah kasusnya kian bertambah dari hari ke hari. Alhasil, timbul kekhawatiran akan penyakit Covid-19 ketika mengalami gejala batuk dan demam.

Padahal, daripada virus corona, kita harus lebih khawatir akan tuberkulosis yang biasa disebut TB atau TBC.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Indonesia merupakan negara endemis TBC dengan jumlah kasus ketiga tertinggi setelah China dan India. Pada tahun 2018 saja, sebanyak 845.000 penduduk Indonesia terinfeksi TBC.

Dijelaskan oleh Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur, dr Annisa Sutera Insani SpP, penyakit TB dapat menular cepat melalui udara, yaitu dari droplet atau percikan dahak yang keluar saat pasien batuk, bersin dan berbicara.

Baca juga: Disiplin Berobat Pasien TB Masih Rendah

Akan tetapi, masyarakat tetap bisa melakukan pencegahan penularan dengan mengetahui gejala yang diderita oleh Anda sendiri atau orang-orang terdekat.

Gejala- gejala TBC

Jika Anda telah mengalami beberapa gejala di bawah ini, setidaknya selama dua minggu atau lebih, Anisa menegaskan agar segera memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan.

- Batuk berdahak bercampur darah

- Kehilangan nafsu makan

- Turun berat badan

- Tubuh lemah

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X