Indonesia Disebut Endemis TBC, Jumlah Kasus Tertinggi Ketiga di Dunia

Kompas.com - 23/03/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi TBC, tuberkulosis ShutterstockIlustrasi TBC, tuberkulosis


KOMPAS.com - Angka kasus penyakit menular Tuberkulosis (TB/ TBC) semakin meningkat jumlahnya di Indonesia. Indonesia menjadi negara ketiga kasus penderita TB tertinggi setelah India dan China.

Penyakit ini ditularkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pada 2018, diperkirakan ada sekitar 845.000 penduduk Indonesia jatuh sakit karena TBC. Angka ini diperkirakan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

TBC merupakan salah satu dari lima besar penyebab kematian prematur dan kematian penduduk di Indonesia sepanjang tahun 2007-2017.

Baca juga: TBC Penyakit Menular Berbahaya, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

Dikatakan oleh Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur, dr Annisa Sutera Insani SpP, Indonesia adalah negara endemis TBC.

“Kita (Indonesia) itu banyak kasus TB nya karena memang jadi negara endemis TB,” kata Annisa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Bagaimana Indonesia sejauh ini bisa disebut negara endemis TBC, kata dia, karena jumlah kasus yang banyak dan masih banyak pula yang diyakini tidak ketahuan. Selain itu, penularan juga bisa terjadi melalui peralatan makan yang dikenakan bersama atau peralatan mandi.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X