Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Virus Corona 12 Maret: 126.380 Kasus di 124 Negara

Kompas.com - 12/03/2020, 16:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang dimulai dari Wuhan, China, kian meluas ke seluruh dunia hingga saat ini total 126.380 orang terinfeksi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyatakan penyebaran virus corona saat ini menjadi pandemi.

"Virus corona telah menjadi pandemi. Kami telah membunyikan alarm dengan keras dan jelas," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (11/3/2020) dilansir dari New York Times.

Tedros menyerukan negara-negara di dunia untuk belajar dari keberhasilan satu sama lain dalam menangani virus ini.

"Temukan, pisahkan, uji, dan rawat setiap kasus, serta lacak setiap kontak. Siapkan rumah sakitmu. Lindungi dan latih pekerja layanan kesehatan Anda," tegas Tedros.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini 6 Pandemik Terburuk Sepanjang Sejarah

Virus corona infeksi pejabat hingga public figure

Melansir BBC News, pemerintah Italia mengumumkan menutup semua toko, kecuali supermarket dan apotek, akibat kian meluasnya infeksi virus corona di negara tersebut.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan bar, restoran, salon hingga perusahaan yang tidak penting juga akan tutup.

Tercatat infeksi virus corona di Italia mencapai angka 12.462 kasus dan menjadikan negara ini sebagai negara kedua dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak setelah China.

Infeksi virus SARS-CoV-2 ini tidak hanya menjangkiti masyarakat umum biasa.

Kendati banyak para pasien yang terinfeksi setelah melakukan perjalanan dari negara-negara asal virus ini berkembang, namun sejumlah petinggi dan pejabat publik juga turut terinfeksi.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini Saran WHO untuk Mencegah Terinfeksi

Sejumlah kasus infeksi Covid-19 yang menyerang para petinggi negara muncul di Iran. Seperti dilansir dari Aljazeera, wakil presiden Iran, Eshaq Jahangiri dikonfirmasi terinfeksi Covid-19.

Bahkan, virus SARS-CoV-2 ini juga turut menginfeksi dua menteri Iran. Angka kasus infeksi virus corona di Iran juga masih cukup tinggi, dengan catatan 9.000 kasus dan 354 kasus kematian akibat Covid-19.

Sementara di Perancis, Menteri Kebudayaan Franck Riester juga dinyatakan telah terinfeksi virus Covid-19, pada Senin (9/3/2020).

Pihak kementerian mengkonfirmasi, Riester menghabiskan beberapa hari pada pekan lalu di Majelis Nasional, tempat di mana lima kasus virus corona dikonfirmasi sebelumnya.

Kantor perdana menteri mengatakan aturan untuk menteri yang terinfeksi virus adalah sama untuk semua orang Perancis. 

Tak hanya pejabat publik, Tom Hanks dan isterinya, Rita Wilson juga tengah dirawat di rumah sakit di Australia. Melansir The Guardian, Hanks dan isterinya tengah menggarap sebuah film tentang Elvis Presley di Australia.

Baca juga: WNI Positif Covid-19 di Singapura, Kenapa Belum Terdeteksi saat di Jakarta?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com