Kompas.com - 12/03/2020, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif Covid-19 di Singapura disebut sebagai kasus 152. Pasien tersebut sempat berkunjung ke Jakarta.

Disebutkan kasus 152 sudah mengalami gejala sejak tanggal 28 Februari 2020. Ia kemudian sempat datang ke Indonesia, dan pada tanggal 2 Maret justru pasien tersebut sempat datang ke rumah sakit di Jakarta.

Dia disebutkan kembali lagi ke Singapura dan dinyatakan positif Covid-19 pada 7 Maret 2020 oleh tim medis Singapura.

Baca juga: Update Virus Corona 11 Maret: 119.179 Kasus di 118 Negara

Hal ini menimbulkan pertanyaan, kenapa kasus 152 yang sudah ada gejala tidak terdeteksi saat di Indonesia?

Wakil Direktur Lambaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Dr Herawati Aru Sudoyo mengatakan pasien yang dimaksudkan bisa jadi gejala panasnya tidak terdeteksi saat awal ada di Indonesia.

"Bisa jadi dia gak panas, dan jadi gak terdeteksi," kata Herawati dalam acara bertajuk Mengenali Virus Melawan Panik, di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Adapun ketika pasien yang dimaksudkan tidak terdeteksi positif Covid-19 di rumah sakit Indonesia, hal itu bisa saja terjadi.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini Saran WHO untuk Mencegah Terinfeksi

Berdasarkan laporan, kata Hera, ada beberapa kasus kejadian pasien Covid-19 memang tidak mendapatkan hasil positif pada sekali tes yang dilakukan.

"Berdasarkan laporan, ada pasien tes satu kali mungkin negatif. Makanya ternyata setelah tes beberapa kali baru ada teridentifikasi positif Covid-19," ujar dia.

Sama halnya dengan kasus 152, barangkali saat di tes laboratorium di Indonesia memang kondisi spesimen yang diteliti tidak menunjukkan adanya positif Covid-19, dan hasilnya memang negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.