Update Virus Corona 11 Maret: 119.179 Kasus di 118 Negara

Kompas.com - 11/03/2020, 12:58 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Selasa (10/3/2020) kemarin, Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengungkap dua pasien terjangkit Covid-19 sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Kedua pasien untuk sementara dinyatakan negatif dari virus tersebut.

Pasien pertama yang hasil tes laboratoriumnya negatif adalah pasien 06.

"Ada beberapa hal yang membahagiakan kita. Bahwa kasus 06, saat ini sudah masuk hari kelima pemeriksaan dan hasilnya (pemeriksaan laboratorium) sudah negatif," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Pasien kedua yang menurut hasil laboratorium sementara negatif virus corona, yakni pasien 14. Pasien 14 merupakan seorang laki-laki berusia 50 tahun.

"Kemudian ini untuk pasien kasus 14. Saat ini sudah dirawat dua hari, masuk tiga hari sudah menjadi negatif," kata dia.

Meski demikian, diagnosis ini merupakan hasil laboratorium pertama.

Baca juga: 2 Pasien Covid-19 Indonesia Negatif Corona, Bisakah Tertular Lagi?

Tim medis harus melakukan pemeriksaan laboratorium setidaknya sebanyak dua kali agar mendapatkan kepastian apakah para pasien itu sudah sembuh dari Covid-19 atau belum.

"Artinya (ada), pemeriksaan (untuk memastikan) hasil negatif yang kedua. Kita akan tunggu dua hari mendatang, jika negatif juga, kita akan mengeluarkan pasien itu dari rumah sakit," jelas Yuri.

Hingga Rabu (11/3/2020) siang, jumlah kasus Covid-19 yang telah dikonfirmasi ada 27 orang. Hal ini menyusul pengumuman pemerintah pada Selasa (10/3/2020) bahwa ada tambahan delapan kasus baru Covid-19.

Namun, siang ini Achmad Yurianto, juga mengonfirmasikan meninggal seorang pasien positif Covid-19 di Indonesia. Pasien 25 tersebut merupakan seorang warga negara asing dengan berbagai penyakit penyerta, yaitu diabetes, hipertensi dan paru obstruksi selama menahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X