Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Virus Corona 11 Maret: 119.179 Kasus di 118 Negara

Kompas.com - 11/03/2020, 12:58 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selasa (10/3/2020) kemarin, Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengungkap dua pasien terjangkit Covid-19 sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Kedua pasien untuk sementara dinyatakan negatif dari virus tersebut.

Pasien pertama yang hasil tes laboratoriumnya negatif adalah pasien 06.

"Ada beberapa hal yang membahagiakan kita. Bahwa kasus 06, saat ini sudah masuk hari kelima pemeriksaan dan hasilnya (pemeriksaan laboratorium) sudah negatif," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Pasien kedua yang menurut hasil laboratorium sementara negatif virus corona, yakni pasien 14. Pasien 14 merupakan seorang laki-laki berusia 50 tahun.

"Kemudian ini untuk pasien kasus 14. Saat ini sudah dirawat dua hari, masuk tiga hari sudah menjadi negatif," kata dia.

Meski demikian, diagnosis ini merupakan hasil laboratorium pertama.

Baca juga: 2 Pasien Covid-19 Indonesia Negatif Corona, Bisakah Tertular Lagi?

Tim medis harus melakukan pemeriksaan laboratorium setidaknya sebanyak dua kali agar mendapatkan kepastian apakah para pasien itu sudah sembuh dari Covid-19 atau belum.

"Artinya (ada), pemeriksaan (untuk memastikan) hasil negatif yang kedua. Kita akan tunggu dua hari mendatang, jika negatif juga, kita akan mengeluarkan pasien itu dari rumah sakit," jelas Yuri.

Hingga Rabu (11/3/2020) siang, jumlah kasus Covid-19 yang telah dikonfirmasi ada 27 orang. Hal ini menyusul pengumuman pemerintah pada Selasa (10/3/2020) bahwa ada tambahan delapan kasus baru Covid-19.

Namun, siang ini Achmad Yurianto, juga mengonfirmasikan meninggal seorang pasien positif Covid-19 di Indonesia. Pasien 25 tersebut merupakan seorang warga negara asing dengan berbagai penyakit penyerta, yaitu diabetes, hipertensi dan paru obstruksi selama menahun.

Italia, negara di luar China dengan kasus terbanyak

Sementara untuk update korban Covid-19 secara global, Italia masih menjadi negara di luar China dengan kasus terbanyak.

Update terakhir hingga pukul 9.41 WIB dari data Worldmeter menunjukkan jumlah pasien Covid-19 di Italia ada 10.149, dengan 977 di antaranya merupakan kasus baru.

Setelah Italia, ada Iran dengan jumlah korban infeksi 8.042 orang. Kemudian Korea Selatan dengan 7.755 kasus, dan Perancis 1.784 kasus.

Diberitakan sebelumnya, Italia menjadi negara Eropa dengan kasus corona terbanyak, di mana pakar memperingatkan puncak penyebaran di kawasan utara terjadi pada pertengahan April.
"Warga tentunya harus tahu ini bukan tentang mengubah cara hidup mereka dalam rentang waktu 1-2 pekan," terang kepala pusat epidemiologi nasional, Stefania Salmaso.

Kepada kantor berita ANSA, Salmaso mengatakan bahwa larangan yang diterapkan oleh Roma bisa saja diberlakukan dalam waktu lama.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com