Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2020, 09:53 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dua pasien Covid-19 di Indonesia, yakni pasien 06 dan 14, sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

Dua pasien positif virus corona (Covid-19) itu untuk sementara dinyatakan negatif dari virus SARS-CoV-2.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, dr. Achmad Yurianto dalam artikel sebelumnya menjelaskan, pasien pertama yang hasil tes laboratorium-nya negatif adalah pasien 06.

"Ada beberapa hal yang membahagiakan kita. Bahwa kasus 06, saat ini sudah masuk hari kelima pemeriksaan dan hasilnya (pemeriksaan laboratorium) sudah negatif," ujar Yuri dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Dua Pasien Positif Covid-19 yang Membawa Kabar Bahagia...

Pasien kedua yang menurut hasil laboratorium sementara negatif virus corona, yakni pasien 14. Pasien 14 merupakan seorang laki-laki berusia 50 tahun.

"Kemudian ini untuk pasien kasus 14. Saat ini sudah dirawat dua hari, masuk tiga hari sudah menjadi negatif," kata dia.

Meski demikian, diagnosis ini merupakan hasil laboratorium pertama.

Tim medis harus melakukan pemeriksaan laboratorium setidaknya sebanyak dua kali agar mendapatkan kepastian apakah para pasien itu sudah sembuh dari Covid-19 atau belum.

"Artinya (ada) pemeriksaan (untuk memastikan) hasil negatif yang kedua. Kita akan tunggu dua hari mendatang, jika negatif juga, kita akan mengeluarkan pasien itu dari rumah sakit," jelas Yuri.

Seiring dengan kabar menggembirakan itu, beberapa dari kita mungkin ada yang bertanya apakah pasien yang sudah pernah mengidap Covid-19 akan kebal dari virus SARS-CoV-2 atau dia bisa terinfeksi lagi?

Bisakah pasien Covid-19 yang sembuh terinfeksi lagi?

Pertanyaan itu sebetulnya tidak dapat dijawab dengan pasti.

Pasalnya, pada akhir Februari lalu, pemerintah Jepang melaporkan bahwa seorang wanita yang bekerja sebagai pemandu bus wisata berusia 40-an tahun telah terinfeksi virus corona untuk kedua kalinya.

Setelah dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19 dari infeksi sebelumnya, sebulan kemudian dia dites lagi dan hasilnya positif.

Pasien itu merupakan warga Osaka di Jepang Barat. Dia pertama kali dites positif terkena virus corona pada akhir Januari, kemudian dipulangkan dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.

Pada 26 Februari, dia merasa bagian tenggorokan dan dadanya sakit. Dia memeriksakan diri dan hasil laboratorium menunjukkan perempuan itu kembali positif Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com