Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Terkini Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa hari ini di Bengkulu terletak pada koordinat 4,33° LS dan 101,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km arah barat daya Kota Bengkulu pada kedalaman 56 km.

Dilansir dari informasi resmi, gempa Bengkulu ini berjenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hal ini berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Adapun hasil analisis gempa Bengkulu, menurut BMKG l, mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempa bumi Bengkulu ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak gempa bumi Bengkulu

Berdasarkan analisis gempa Bengkulu hari ini, guncangan gempa tersebut dirasakan di berbagai daerah dengan skala intensitas bervariasi sebagai berikut:

1. Kota Bengkulu dengan skala intensitas IV-V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti)

2. Kepahiang, Bengkulu Utara dengan skala intensitas III - IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)

3. Muko-muko, Krui dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu),

4. Guncangan gempa Bengkulu hari ini juga dirasakan di Muara Dua, Lubuk Linggau, Musi Rawas dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Gempa Bengkulu tidak berpotensi tsunami

BMKG menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa hari ini di Bengkulu tidak berpotensi tsunami.

Lebih lanjut, hasil monitoring BMKG hingga pukul 07.25 WIB, menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,7.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, serta memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

Warga juga diimbau untuk memastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

Informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui media sosial resmi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android).

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/20/092000723/gempa-terkini-magnitudo-58-guncang-bengkulu-tak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke