Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kanker Kulit Melanoma: Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya

Melanoma juga bisa terbentuk di mata dan, jarang di dalam tubuh seperti di hidung atau tenggorokan.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari melanoma, tapi paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau lampu tanning dan tempat tidur meningkatkan risiko Anda terkena melanoma. Membatasi paparan radiasi UV dapat membantu mengurangi risiko melanoma.

Risiko melanoma tampaknya meningkat pada orang di bawah 40 tahun, terutama wanita.

Adapun mengetahui tanda-tanda peringatan kanker kulit dapat membantu memastikan bahwa perubahan kanker terdeteksi dan diobati sebelum kanker menyebar. Melanoma dapat berhasil diobati jika terdeteksi dini.

Gejala kanker kulit melanoma

Melanoma dapat berkembang di bagian tubuh mana saja, tapi paling sering berkembang di area yang terpapar sinar matahari seperti punggung, kaki, lengan, dan wajah.

Melanoma juga dapat terjadi di area yang tidak banyak terpapar sinar matahari seperti telapak kaki, telapak tangan, dan tempat tidur kuku. Melanoma tersembunyi ini lebih sering terjadi pada orang dengan kulit lebih gelap.

Adapun tanda dan gejala melanoma yaitu perubahan tahi lalat yang ada dan perkembangan pigmen baru atau pertumbuhan yang tampak tidak biasa di kulit.

Sebagai catatan, melanoma tidak selalu dimulai sebagai tahi lalat, tapi dapat terjadi pada kulit yang tampak normal.

Tahi lalat normal

Umumnya, tahi lalat yang normal berwarna seragam seperti cokelat atau hitam, dengan batas tegas yang memisahkan tahi lalat dari kulit di sekitarnya.

Tahi lalat ini berbentuk oval atau bulat dan biasanya berdiameter lebih kecil dari 1/4 inci (sekitar 6 mm), seukuran penghapus pensil.

Kebanyakan tahi lalat mulai muncul di masa kanak-kanak dan tahi lalat baru dapat terbentuk sampai sekitar usia 40 tahun. Pada saat dewasa, kebanyakan orang memiliki 10-40 tahi lalat.

Tahi lalat dapat berubah dalam penampilan seiring waktu, bahkan beberapa mungkin hilang seiring bertambahnya usia.

Tahi lalat mengindikasikan melanoma

Untuk membantu mengidentifikasi karakteristik tahi lalat tidak biasa yang mungkin mengindikasikan melanoma atau kanker kulit lainnya, sebagai berikut:

Penyebab melanoma

Melanoma terjadi ketika ada yang tidak beres pada sel penghasil melanin (melanosit) yang memberi warna pada kulit.

Biasanya, sel-sel kulit berkembang dengan cara yang terkendali dan teratur, sel-sel baru yang sehat mendorong sel-sel yang lebih tua ke permukaan kulit di mana mereka mati dan akhirnya rontok. Tapi saat beberapa sel mengalami kerusakan DNA, sel-sel baru mungkin mulai tumbuh di luar kendali dan akhirnya dapat membentuk massa sel kanker.

Kemungkinan kombinasi faktor lingkungan dan genetik dapat menyebabkan melanoma. Tapi, dokter percaya paparan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari serta dari penyamakan lampu dan tempat tidur menjadi penyebab utama melanoma.

Sinar UV tidak menyebabkan semua melanoma, terutama yang terjadi di tempat-tempat di tubuh yang tidak menerima paparan sinar matahari. Ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain dapat berkontribusi pada risiko melanoma.

Pencegahan kanker melanoma

Untuk mengurangi risiko melanoma dan jenis kanker lain dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  • Menghindari paparan sinar matahari di tengah hari
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30
  • Mengenakan pakaian pelindung termasuk topi dan kacamata
  • Menghindari penyamakan lampu dan tempat tidur karena dapat memancarkan sinar UV yang meningkatkan risiko kanker kulit
  • Mengenali kulit untuk pertumbuhan kulit baru atau perubahan tahi lalat yang ada, bintik-bintik, benjolan, dan tanda lahir

Apabila melihat ada perubahan kulit yang tampak tidak biasa, segera temui dokter.

Dituliskan laman American Cancer Society, pengobatan dilakukan berdasarkan stadium kanker dan faktor lainnya, yang meliputi operasi, imunoterapi, obat terapi target, kemoterapi, dan terapi radiasi.

Penting untuk mendiskusikan semua pilihan perawatan serta kemungkinan efek sampingnya dengan tim perawatan untuk membantu membuat keputusan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Usia dan kesehatan secara keseluruhan
  • Stadium kanker
  • Kemungkinan efek samping dari pengobatan
  • Kemungkinan pengobatan akan menyembuhkan kanker atau membantu dengan cara lain

Melanoma stadium awal seringkali dapat diobati dengan pembedahan saja, tapi kanker yang lebih lanjut dapat membutuhkan perawatan lain.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/02/080100623/mengenal-kanker-kulit-melanoma--gejala-pengobatan-dan-pencegahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke