Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Bisa untuk Atasi Asma

KOMPAS.com - Tahukah kamu, kiwi adalah termasuk buah beri? Kiwi sebenarnya buah yang berasal dari bagian timur China, namun dibudidayakan di New Zealand.

Kiwi berbentuk oval seukuran telur. Kulitnya kecoklatan dengan bulu tipis. Dagingnya berwarna kuning dengan biji hitam yang bisa dimakan. Rasa buahnya manis segar dan banyak disukai.

Manfaat kiwi

Selain rasanya yang enak, kiwi mengandung nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kiwi untuk kesehatan.

1. Meningkatkan imun tubuh

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam secangkir kiwi, terkandung 273 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah zat yang penting untuk meningkatkan imun tubuh.

Mencukupi kebutuhan vitamin C harian bisa menghindari kamu dari flu dan berbagai penyakit lainnya, terutama pada kelompok rentan seperti orang tua dan anak kecil.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kiwi yang kedua adalah menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C, antioksidan, dan serat di dalam kiwi.

Antioksidan dan serat di dalam kiwi bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dengan menurunkan kolesterol. Kelebihan kolesterol bisa memicu berbagai penyakit seperti atherosclerosis hingga gagal jantung.

3. Meredakan asma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kiwi menurunkan gejala bersin-bersin pada anak dengan asma. Peneliti berpendapat bahwa kiwi bisa menolong pasien yang memiliki riwayat asma.

4. Mengoptimalkan fungsi pencernaan

Kiwi mengandung serat tinggi yang mampu memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, kiwi mengandung enzim actinidin yang berfungsi memecah berbagai protein yang dicerna di saluran cerna.

5. Menjaga kesehatan mata

Salah satu penyebab kehilangan penglihatan adalah degenerasi makular yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi kiwi secara rutin bisa menurunkan degenerasi makula hingga 36 persen.

Hal ini disebabkan karena kiwi mengandung antioksidan yang bernama zeaxanthin dan lutein. Keduanya adalah antioksidan yang penting untuk kesehatan mata.

Itu dia manfaat kiwi. Jadi, apa kamu akan makan kiwi hari ini?

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/01/213200723/5-manfaat-kiwi-untuk-kesehatan-bisa-untuk-atasi-asma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke