Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si
Pimpinan BAZNAS RI

Pimpinan BAZNAS RI | Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta - sekarang | Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta - sekarang | Wakil Sekretaris Pengelola wakaf tunai PP Muhammadiyah - sekarang | Menyelesaikan S1 di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, S2 di Universitas Indonesia dan S3 di Universitas Muhammadiyah Jakarta (belum selesai)

 

Hikmah Ramadhan: Senyum Waroy dan Asa di Jemari Presiden Jokowi

Kompas.com - 21/04/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi Tangkapan layar Baznas.go.idIlustrasi

Oleh: Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si* 

PEKAN kedua Ramadhan, berbagai peranti komunikasi zakat bertebaran di mana-mana. Tak hanya di Jakarta dan wilayah penyangga Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek), tapi juga berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Nusantara.

Ini menunjukkan semangat dan semarak Gerakan Cinta Zakat yang terpacu dan terpicu oleh peluncuran resmi yang dilakukan Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Gelegar momen emas keagamaan di awal bulan suci Ramadhan ini, menggema sampai Nusa Tenggara hingga Tanah Papua.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Zakat dan Transformasi Sarmi, Dulu Menerima Kini Berderma

Melalui Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, beragam donasi mengalir untuk meringankan beban saudara-saudari sebangsa yang mendapat ujian bencana alam di NTB dan NTT.

Dan Fais Suhada Waroy, pelajar dari Abepura Kota Jayapura, turut ambil bagian dalam acara yang diselenggarakan secara online dan offline itu.

Di hadapan Presiden dan Wapres, namanya masuk dalam deretan kisah metamorfosa dhuafa yang memiliki harapan besar menjadi berdaya.

Ia adalah penerima program beasiswa BAZNAS dan terdaftar sebagai siswa Sekolah Cendekia BAZNAS tahun pelajaran 2020/2021. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Waroy mengenang masa-masa di tempat tinggalnya. Dikutip dari Baznas.go.id, ia menceritakan kisah perjuangan membantu ekonomi keluarga, dengan berkeliling kampung setiap pagi berjualan donat.

Ini dia lakukan dengan suka cita bersama kakak dan adiknya, untuk membantu sang ibu.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Manusia dan Keledai

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.