Hikmah Ramadhan: Bangsa Ngeyelan

Kompas.com - 16/05/2020, 13:00 WIB
Petugas memerintahkan sebuah truk towing pengangkut sebuah mobil yang diduga mengangkut pemudik untuk putar balik di pos check Point sekitar Taman Unyil Semarang, Sabtu. (ANTARA/ HO-Dishub Kota Semarang) antaraPetugas memerintahkan sebuah truk towing pengangkut sebuah mobil yang diduga mengangkut pemudik untuk putar balik di pos check Point sekitar Taman Unyil Semarang, Sabtu. (ANTARA/ HO-Dishub Kota Semarang)

Oleh M Subhan SD*

SEWAKTU diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih seekor sapi betina, Bani Israil terus mempertanyakan.

Mereka meminta Nabi Musa, "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menjelaskan kepada kami tentang (sapi betina) itu."

Musa menyampaikan jawaban Allah, "...sapi betina itu tidak tua dan tidak muda, (tetapi) pertengahan antara itu".

 

Namun Bani Israil bertanya lagi, apa warna sapi itu? Kembali Musa menyampaikan jawaban Allah, "Sapi betina yang warnanya kuning tua, yang menyenangkan orang-orang yang memandangnya".

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Peradaban Bangsa

Masih saja Bani Israil bertanya lagi, "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menjelaskan kepada kami tentang (sapi betina) itu."

Jawaban Allah yang disampaikan Musa, "...(sapi) itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak (pula) untuk mengairi tanaman, sehat, dan tanpa belang."

Petugas di Cek Poin Pelabuhan Merak menggagalkan aksi mudik sepasang suami istri yang menyembunyikan mobil pribadinya di atas truk, Minggu (3/5/2020)Dok. Polres Cilegon Petugas di Cek Poin Pelabuhan Merak menggagalkan aksi mudik sepasang suami istri yang menyembunyikan mobil pribadinya di atas truk, Minggu (3/5/2020)
Kisah Bani Israil itu tercantum jelas dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 67-71. Bani Israil adalah bangsa yang banyak tanya, suka membantah, ngeyelan, bandel, sering melanggar.

Ngeyel itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tidak mau mengalah, ingin menang sendiri.

Karena suka ngeyel, hal sederhana menjadi rumit, persoalan kecil malah jadi besar, perkara gampang justru jadi ribet dan sulit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar