Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Titik Rawan Macet dan Banjir di Jalan Nasional Jatim

Kompas.com - 05/04/2024, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Para pengendara perlu mengetahui titik-titik rawan kemacetan dan bencana alam di Jalan Nasional Jawa Timur (Jatim).

Tujuannya agar dapat melalukan langkah antisipasi demi kelancaran dan kenyamanan berkendara saat mudik Lebaran 2024.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali, melalui Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha, Nanang Permadi mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 27 titik rawan kemacetan yang tersebar di seluruh Provinsi Jatim.

"Titik rawan kemacetan disebabkan adanya pasar tumpah, persimpangan dan bottleneck, akses menuju kawasan wisata, perlintasan rel kereta api, serta akses terminal," ujarnya kepada Kompas.com pada Kamis (04/04/2024).

Adapun titik rawan kemacetan di Jatim yang perlu diwaspadai antara lain Simpang Tiga Mengkreng yang merupakan pertemuan arus lalu lintas di tiga wilayah, yaitu Kertosono, Kediri, dan Jombang.

Lalu, Pasar tumpah di Pasar Blega Bangkalan ataupun Pasar Omben Sampang di Pulau Madura.
Perlintasan rel kereta api di Lamongan atau di Nganjuk.

Baca juga: Mau Mudik via Jalur Pansela Jatim? Cek di Sini Rutenya

Kemudian untuk titik rawan bencana, khususnya terdapat 25 titik rawan bencana, khususnya banjir di Provinsi Jatim. Titik rawan banjir ini disebabkan karenan adanya saluran irigasi dan sungai yang meluap, serta banjir kawasan.

Beberapa lokasi titik rawan banjir yang perlu diwaspadai, terutama saat terjadi cuaca ekstrim antara lain Jalan Sutami di Kota Probolinggo akibat meluapnya Sungai Kedunggaleng.

"Kemudian beberapa titik rawan banjir di Madura, seperti di Bangkalan, Sampang dan Sumenep," jelasnya.

Sebagai antisipasi kondisi tersebut, BBPJN Jawa Timur-Bali telah menyiapkan 9 titik Posko Alat Berat dan Bahan Material yang tersebar di berbagai wilayah di Provinsi Jatim.

"Untuk tindakan reaktif dilaksanakan dengan menyiagakan tim Posko Jalur Lebaran 2024 di 29 titik yang tersebar di sepanjang jalan nasional di Jatim untuk melakukan penanganan dengan segera apabila terdapat laporan kerusakan jalan ataupun genangan air," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com