Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran ke Lampung? Kondisi Jalan Nasional Mantap 93,9 Persen

Kompas.com - 29/03/2024, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga memastikan jalan nasional di Provinsi Lampung siap untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan pada mudik Lebaran 2024.

Jalan Nasional di Lampung dengan panjang 1.298,48 kilometer ini memiliki kondisi kemantapan 93,90 persen.

Ini terdiri dari lima bagian yaitu Jalan Lintas Timur Sumatera (285,18 kilometer), Jalan Lintas Tengah Sumatera (323,89 kilometer), dan Jalan Lintas Barat Sumatera (323,62 kilometer).

Kemudian, Jalan Lintas Penghubung (347,86 kilometer) dan Jalan Non-Lintas Dalam Kota Bandar Lampung (17,93 kilometer), serta jembatan pada jalan nasional di Lampung sepanjang 11.724 meter.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga KM Arsyad mengatakan, sebagai persiapan mudik lebaran di Lampung, Kementerian PUPR melalui BPJN Lampung telah melaksanakan beberapa pekerjaan.

Baca juga: Tahun 2024, Lampung-Aceh Bakal Makin Tersambung Tol Trans-Sumatera

Mulai dari pemeliharaan rutin jalan (penutupan lubang) dalam rangka menuju zero potholes, bahu jalan (pengendalian tanaman), drainase, jembatan (pengendalian tanaman, pengecatan), dan perkerasan jalan.

“Kami laporkan saat ini progres penutupan lubang per 24 Maret 2024 telah mencapai 70 persen dengan target pada H-10 atau tanggal 31 Maret 2024 semua pekerjaan penutupan lubang telah selesai,” jelas Arsyad.

Sedangkan jaringan jalan tol di Lampung dan Sumatera Selatan terdiri dari Tol Bakauheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer.

Lalu, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dengan panjang operasi 189 kilometer, serta Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dengan total panjang 112 kilometer dan telah beroperasi sepanjang 38 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com