Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Besaran Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran Maksimal 20 Persen

Kompas.com - 29/03/2024, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan, pemberian diskon tarif tol pada mudik Lebaran 2024 adalah maksimal sebesar 20 persen.

Hal ini disampaikannya saat ditemui dalam agenda media gathering di Menara Astra, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

"Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR untuk menginformasikan bahwa akan ada diskon tarif kisarannya maksimum 20 persen dari yang ada," jelas Tulus.

Adapun pemberian diskon tarif tol tersebut akan difokuskan di jaringan Jalan Tol Trans-Jawa yang masih menjadi jalur favorit pemudik.

Keputusan final terkait besaran tarif tol dan waktu penerapannya akan disampaikan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Namun demikian, Tulus mengungkapkan bahwa pemberian diskon tarif tol di Tol Trans-Jawa diperkirakan akan dilakukan hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Baca juga: SMI Tambah Kepemilikan Sahamnya di Tol Bocimi hingga 55 Persen

"Akan diberlakukan di Ruas Trans-Jawa. Kalau saya diskusi dengan BUJT lainnya kelihatannya sampai Kalikangkung, karena setelah Kalikangkung kondisinya sepi, tidak berani memberikan diskon," lanjutnya.

Sebagai informasi, diskon tarif tol diberikan untuk memecah kepadatan lalu lintas yang terjadi pada tanggal-tanggal tertentu mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com